Cartridge merupakan bagian penting dalam printer inkjet. Rutin membersihkan cartridge printer adalah langkah penting untuk memastikan kualitas cetak yang baik dan memperpanjang umur cartridge. Berikut adalah cara membersihkan cartridge printer secara umum yang bisa Anda ikuti:

Kapan Cartridge Perlu Dibersihkan? 

Sebenarnya, tidak ada waktu pasti kapan printer bisa dibersihkan. Semua tergantung bagaimana Anda mengatur jadwal pemeliharaan. 

Meski begitu, disarankan untuk membersihkan cartridge secara teratur dan sesuai kebutuhan. Sehingga kualitas cetakan tetap terjaga dan memperpanjang umur cartridge serta printer Anda.

Segeralah membersihkan printer jika printer dalam kondisi: 

1. Kualitas Cetakan Menurun

Jika hasil cetak dari printer mulai mengalami penurunan kualitas, bisa jadi itu adalah tanda awal cartridge perlu dibersihkan. Kualitas cetak yang menurun memiliki ciri-ciri munculnya garis-garis, bercak, atau warna yang tidak merata dan menurun pada kertas.  

2. Printer Lama Tidak Digunakan 

Tinta pada printer bisa mengering apabila Anda tidak menggunakan printer dalam waktu yang cukup lama. Lalu, tinta yang mengering ini akan menyumbat nozzle pada cartridge. 

Dalam kasus ini, pembersihan diperlukan untuk menghilangkan sumbatan tersebut. Tinta yang mengering bisa menyebabkan tekanan berlebih pada cartridge dan berpotensi menyebabkan kebocoran. 

3. Setelah Mengisi Ulang Tinta

Terkadang setelah mengisi ulang tinta, kinerja cetak bisa terpengaruh karena tinta yang berlebihan atau udara terperangkap di dalam cartridge. Pembersihan dapat membantu mengatasi masalah ini. 

4. Muncul Notifikasi atau Peringatan 

Beberapa printer modern memiliki sistem deteksi yang memberikan peringatan atau indikator ketika cartridge perlu dibersihkan. Bersihkan cartridge printer jika notifikasi mulai muncul. 

5. Setelah Mengganti Cartridge

Terkadang setelah mengganti cartridge baru, pembersihan diperlukan untuk memastikan bahwa tinta mengalir dengan baik dan konsisten.

Cara Membersihkan Cartridge Printer

Cara membersihkan cartridge dapat Anda lakukan sendiri di rumah, namun setiap tahap perlu dilakukan secara hati-hati. 

Inilah beberapa tahapannya:

1. Matikan Printer dan Buka Tutup Printer

Sebelum memulai, pastikan printer dimatikan dan terlepas dari sumber listrik. Kemudian buka bagian penutup printer.

2. Lepaskan Cartridge

Setelah membuka penutup printer, bukalah bagian penutup cartridge. Hati-hati lepaskan cartridge dari printer. Pastikan Anda tidak menyentuh chip pada cartridge atau nozzle tinta karena ini bisa merusaknya.

3. Bersihkan Nozzle

Langkah membersihkan cartridge printer berikutnya ialah membersihkan bagian nozzle. Anda dapat membersihkan dengan menggunakan kain lembut dan bebas serat seperti microfiber. 

Basahi kain tersebut dengan air hangat, dan lap nozzle secara perlahan dengan kain tersebut. Jangan menggunakan alkohol atau pelarut lain karena ini bisa merusak cartridge.

4. Bersihkan Chip Cartridge

Chip berguna untuk menghubungkan cartridge dengan mesin printer. Gunakan kain kering dan lembut untuk membersihkan chip dengan hati-hati.

5. Rendam Cartridge

Semisal nozzle masih mengalami sumbatan, Anda dapat mencoba cara lain dengan merendam bagian bawah cartridge di mana nozzle dalam air hangat selama beberapa menit. Jangan merendam seluruh bagian cartridge.

6. Keringkan Cartridge

Setelah dibersihkan, pastikan cartridge benar-benar kering sebelum memasangnya kembali ke printer. Gunakan kain kering atau biarkan mengering secara alami.

7. Pasang Kembali Cartridge

Pasang kembali cartridge ke dalam printer. Pastikan cartridge tinta dipasang dengan benar dan dan terkunci di tempatnya. Cartridge tidak terpasang dengan sempurna akan menyebabkan kebocoran.

8. Lakukan Pembersihan Head Printer

Setelah memasang kembali cartridge, gunakan fungsi pembersihan head yang tersedia pada printer Anda. Metode ini akan menghilangkan sisa-sisa udara dan memastikan aliran tinta yang lancar.

9. Cetak Tes Halaman

Setelah proses pembersihan selesai, cetak tes halaman untuk memeriksa kualitas cetak.

Tips Agar Cartridge Semakin Awet 

Ingat, cartridge sangat rawan mengalami penyumbatan. Oleh karenanya cartridge perlu dibersihkan secara berkala agar kinerja selalu prima. 

Selain beberapa langkah membersihkan cartridge printer di atas, ada beberapa tips untuk menjaga kualitas cartridge dan printer: 

1. Gunakan Cartridge Asli atau Berkualitas

Gunakan cartridge tinta asli atau dari merek terpercaya yang kompatibel dengan printer Anda. Cartridge berkualitas rendah atau tidak sesuai standar bisa mengakibatkan printer tidak bekerja secara optimal. 

2. Simpan Printer di Tempat Aman 

Letakkan printer di permukaan yang rata dan stabil. Getaran atau guncangan berlebih akan mengakibatkan kebocoran tinta mesin printer. 

3. Hindari Suhu Ekstrem

Jauhkan printer dari sumber panas langsung dan hindari paparan sinar matahari. Suhu yang terlalu panas atau dingin nantinya bisa memengaruhi konsistensi tinta, yang pada akhirnya pun juga memengaruhi kinerja cartridge. 

4. Gunakan Printer Secara Rutin

Printer yang jarang digunakan cenderung mengalami pengeringan tinta dan sumbatan yang bisa menyebabkan tekanan pada cartridge serta mengakibatkan tinta bocor. 

5. Simpan Cartridge Cadangan dengan Benar

Beberapa orang sengaja menyimpan cartridge cadangan untuk berjaga-jaga bila printer mengalami gangguan. Jika Anda memiliki cartridge cadangan, simpan di tempat yang sejuk dan kering. 

Itulah beberapa langkah membersihkan cartridge printer. Selalu bersihkan cartridge secara berkala agar aktivitas cetak-mencetak Anda tetap lancar. 

Apabila Anda mencari spare part untuk mesin printer, maka MCM adalah tempatnya. MCM sudah berpengalaman 15 tahun lebih sebagai distributor mesin serta spare part printer dan fotocopy terbesar di Indonesia. Kami dapat membantu untuk menemukan spare part terbaik untuk mesin printer Anda!