Saat ini tersedia banyak sekali pilihan mesin fotocopy dengan berbagai jenis di pasaran, yang setiapnya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Memiliki pemahaman mengenai berbagai macam mesin fotocopy beserta fitur dan kegunaannya tersebut akan sangat berguna saat Anda memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha atau kantor Anda.

Maka dari itu, di pembahasan yang satu ini kami akan menghadirkan ulasan mengenai macam-macam jenis mesin fotocopy beserta fitur dan kegunaannya.

1. Mesin Fotocopy Hitam Putih (Mono Copier)

Mesin fotocopy hitam putih adalah mesin fotocopy yang hanya menggunakan satu tone warna—yaitu hitam, sehingga dikenal juga sebagai mesin fotocopy monochrome atau mono. Mesin fotocopy mono tersedia dalam berbagai kapasitas, mulai dari yang volume cetaknya rendah hingga yang tinggi.

Mesin fotocopy ini biasanya digunakan di kantor, dimana printing dokumen berwarna tidak begitu dibutuhkan.

2. Mesin Fotocopy Warna

mesin fotocopy berwarna

Seperti namanya, mesin fotocopy berwarna adalah mesin fotocopy yang dapat mencetak dokumen baik yang berwarna maupun hitam putih. Mesin fotocopy berwarna umumnya menggunakan 4 tone warna yaitu cyan (c), magenta (m), kuning (y), dan hitam (k) untuk menghasilkan berbagai hasil warna pada spektrum CMYK.

Mesin fotocopy berwarna biasanya juga multifungsi—dapat juga digunakan untuk fax dan scan, meskipun tidak selalu demikian.

3. Mesin Fotocopy Multi-Fungsi

Mesin fotocopy multi-fungsi atau multifunction printer (MFP) adalah mesin fotocopy kantoran yang bisa digunakan untuk menyalin, mencetak, memindai, dan menerima fax. Selain itu, MFP juga umumnya mampu mencetak pada jenis dan ukuran kertas yang lebih beragam dari mesin fotocopy standar.

Jenis mesin fotokopi ini umumnya dapat mencetak dari perangkat portabel, seperti laptop, menggunakan USB atau wifi dan memiliki opsi finishing dokumen seperti pelipatan buklet. Maka dari itu, mesin fotocopy multi-fungsi sangat cocok untuk bisnis yang memiliki kebutuhan mencetak berbagai macam dokumen seperti buku manual atau bahkan buklet untuk klien.

4. Mesin Fotocopy Desktop

mesin fotocopy desktop

Mesin fotocopy desktop merupakan mesin fotocopy yang memiliki ukuran relatif kecil sehingga bisa diletakkan di meja. Umumnya, mesin fotocopy ini hanya dapat mencetak pada kertas ukuran A4.

Sebetulnya, mesin fotocopy desktop memiliki fitur yang serupa dengan mesin fotocopy floorstanding. Hanya saja mesin fotocopy ini memiliki kapasitas kertas yang lebih sedikit dan kecepatan cetak yang lebih rendah sehingga lebih cocok digunakan oleh bisnis skala kecil.

5. Mesin Fotocopy Jaringan (Network Copier)

Network copier adalah mesin fotokopi yang dapat dihubungkan melalui jaringan Anda dan memungkinkan semua karyawan atau pengguna di kantor memindai dan mencetak dokumen mereka secara nirkabel.

Dengan begitu, mesin fotocopy ini sangat ideal digunakan di kantor yang butuh menghubungkan satu mesin fotocopy pada beberapa perangkat atau komputer. 

Sekian pembahasan singkat seputar jenis-jenis dari mesin fotocopy beserta kegunaannya. Setelah memahami beberapa jenis mesin fotocopy, sekarang Anda dapat menyesuaikan mesin fotocopy seperti apa yang dibutuhkan di kantor Anda.

Jika Anda masih kesulitan dalam menentukan mesin fotocopy yang tepat untuk bisnis Anda, MCM siap membantu! MCM menyediakan berbagai solusi mesin fotocopy dan printer termasuk penyewaan, penjualan, perawatan, dan penyedian spare part untuk mesin fotocopy dan printer dengan berbagai merek ternama.