Sebelum membeli mesin printer baik untuk keperluan individu maupun bisnis, Anda perlu memahami tipe atau merk printer apa saja yang cocok dengan kebutuhan. Sebab, ada banyak sekali jenis printer di pasaran.

Di artikel berikut ini, kami akan membahas tentang apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mesin printer dan rekomendasinya.

Pertimbangan Sebelum Membeli Mesin Printer

Sebelum memutuskan untuk membeli printer, sebaiknya Anda mempertibangkan berbagai macam hal sesuai keperluan.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Kebutuhan Cetak

Pertama dan terpenting, tentukan jenis dokumen yang akan Anda cetak. Apakah kebutuhan Anda lebih kepada cetak foto berkualitas tinggi atau dokumen teks?

Selanjutnya, perkirakan volume cetak bulanan Anda. Ini akan membantu Anda memilih printer yang mampu menangani beban kerja Anda tanpa overloading.

2. Tipe Printer

Secara umum, terdapat tipe printer inkjet dan laser. Pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan cetak Anda. Inkjet ideal untuk cetak foto dan dokumen berwarna.

Sedangkan laser lebih cocok untuk cetak teks hitam putih dalam volume tinggi. Juga, pertimbangkan printer multifungsi yang menawarkan kemampuan mencetak, menyalin, memindai hingga mengirim faks dalam satu perangkat.

3. Biaya Operasional

Biaya penggantian tinta atau toner dan frekuensi penggantiannya adalah faktor penting dalam biaya operasional. Selain itu, pertimbangkan konsumsi daya printer untuk efisiensi energi dan penghematan biaya listrik.

4. Kualitas Cetak

Periksa resolusi cetak untuk menentukan kualitas hasil cetak dan pertimbangkan kecepatan cetak, terutama jika Anda sering mencetak dalam jumlah banyak.

5. Konektivitas

Pilih printer dengan opsi konektivitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti USB, WiFi, atau Ethernet. Pastikan juga printer kompatibel dengan sistem operasi komputer atau perangkat mobile Anda.

6. Ukuran dan Desain

Ukuran printer harus sesuai dengan ruang kerja Anda. Jangan sampai memilih mesin yang terlalu besar dan pada akhirnya memakan space di ruangan.

7. Garansi

Dan yang terakhir, periksa ketersediaan dukungan teknis dari produsen. Perhatikan pula berapa lama garansi diberikan.

Rekomendasi Merk Mesin Printer Terbaik

1. Canon

Canon menawarkan berbagai pilihan printer yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis. Dengan kualitas cetak yang luar biasa, Canon menjadi pilihan populer bagi masyarakat di seluruh dunia termasuk indonesia.

Rekomendasi mesin printer Canon:

  • Canon PIXMA TS307 : mampu mencetak tanpa kabel dan memiliki fitur SmartPhone Copy yang memudahkan Anda mencetak lewat ponsel.

2. HP (Hewlett-Packard)

HP dikenal dengan printer inkjet dan laser yang efisien dan user-friendly. Merek ini cocok untuk penggunaan kantor dan rumahan, dengan berbagai model yang menawarkan fungsi seperti cetak hingga scan dokumen.

Rekomendasi mesin printer HP:

3. Epson

Epson terkenal dengan teknologi inkjetnya yang inovatif. Hasil cetak dari Epson sangat berkualitas tinggi. Namun, biaya operasionalnya cukup rendah. Bagi Anda yang butuh mesin printer dengan biaya operasional yang ringan, maka Epson adalah pilihan tepat.

Rekomendasi mesin printer Epson:

  • Epson EcoTank L15180 : didukung oleh Heat-Free Technology, Epson EcoTank L15180 mampu meningkatkan produktivitas dengan hasil halaman sangat tinggi dan kecepatan pencetakan cepat yang konsisten hingga 25 ipm.

4. Brother

Brother menawarkan printer yang tahan lama dengan berbagai fungsi, termasuk cetak, scan, dan fotokopi. Ideal untuk kebutuhan kantor atau perusahaan yang memerlukan perangkat serbaguna.

Rekomendasi mesin printer Brother:

  • Brother DCP-T520W Printer Ink Tank : printer multifungsi yang bisa terhubung dengan koneksi wireless. Memiliki fitur cetak langsung dari handphone untuk meningkatkan produktivitas.

5. Samsung

Brand yang satu ini lebih dulu dikenal sebagai produsen ponsel Android asal Korea Selatan. Namun ternyata, Samsung juga menyediakan mesin printer yang tak kalah canggihnya dengan brand lain. Samsung menyediakan printer laser yang efisien dan cepat, ideal untuk lingkungan dinamis.

Rekomendasi mesin printer Samsung :

  • Samsung Xpress SL-C460 : printer multifungsi yang sudah mendukung cetak warna dan hitam putih

6. Xerox

Xerox yang telah lama dikenal sebagai pemimpin dalam industri mesin fotocopy, juga menawarkan rangkaian printer berkualitas tinggi yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis. Printer Xerox tidak hanya menonjol dalam hal kecepatan dan efisiensi, tetapi juga dalam kualitas cetak

Rekomendasi mesin printer Xerox:

7. Lexmark

Mungkin Lexmark belum begitu populer di Indonesia. Padahal, kualitas cetak dan daya tahannya juga tak kalah dari brand lain. Lexmark menyediakan solusi cetak yang inovatif dengan mengusung konsep sustainability.

Rekomendasi mesin printer Lexmark:

  • Lexmark C3326dw : printer yang mampu mencetak berwarna dan memiliki fitur duplex otomatis. Kecepatan cetak hingga up to 24 ppm

8. Ricoh

Ricoh telah menjadi pilihan populer di kalangan bisnis untuk solusi cetak yang handal dan multifungsi, berkat reputasinya dalam menyediakan peralatan kantor yang efisien dan berkualitas tinggi.

Printer Ricoh dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, mulai dari pencetakan dokumen sehari-hari hingga tugas-tugas yang lebih kompleks seperti pencetakan berwarna dan scanning.

Rekomendasi mesin printer Ricoh:

  • RICOH SP C250: desain rangka yang compact serta mampu terkoneksi dengan LAN. Mampu mencetak di dua sisi secara otomatis.

9. Kyocera

Kyocera dikenal di pasar printer karena menawarkan produk yang tahan lama dengan biaya operasional yang rendah, menjadikannya pilihan ideal untuk penggunaan jangka panjang.

Tak hanya itu, mesin printer dari Kyocera dirancang dengan teknologi canggih yang mengutamakan efisiensi, sehingga meminimalkan kebutuhan perawatan rutin dan mengurangi frekuensi penggantian suku cadang.

Rekomendasi mesin printer Kyocera:

  • ECOSYS P8060cdn : kemampuan cetak sangat tinggi dengan kecepatan hingga 60 halaman per menit. Sehingga dapat menangani kebutuhan bisnis sehari-hari dengan mudah.

10. Panasonic

Meskipun Panasonic lebih sering dikenal karena berbagai produk elektroniknya, merek ini juga menawarkan printer yang efisien dan berkualitas. Printer Panasonic dirancang dengan memanfaatkan keahlian teknologi canggih yang telah lama menjadi ciri khas merek ini.

Rekomendasi mesin printer Panasonic:

  • Panasonic DP-8032 : high speed scanning, kecepatan cetak hingga 32/25 ppm untuk ukuran kertas A4.

Masih bingung memilih mesin printer seperti apa yang terbaik untuk Anda? Jangan khawatir, MCM siap membantu Anda untuk menemukan mesin printer terbaik. MCM menyediakan berbagai macam jenis mesin printer dari brand ternama beserta suku cadang sesuai dengan kebutuhan Anda.