Mesin fotocopy mini menjadi pilihan menarik karena bentuknya yang compact namun memiliki fungsi yang sama persis dengan mesin fotocopy pada umumnya. Beberapa jenis mesin fotocopy mini juga dilengkapi dengan fitur ekstra seperti scanning atau faxing. 

Karena kelengkapan fitur ini pula, mesin fotocopy mini dapat dijadikan pilihan untuk melengkapi peralatan di bisnis Anda. Berikut rekomendasi mesin fotocopy mini untuk usaha dari berbagai brand terkemuka.  

1. Fuji Xerox M355DF

Fuji Xerox merupakan brand asal Jepang yang sudah terkenal lebih dahulu di industri percetakan dengan meluncurkan banyak mesin printer dan fotocopy. Salah satunya ialah Fuji Xerox DocuPrint M355 DF.

Mesin ini berukuran tidak terlalu besar, dengan dimensi hanya 43cm x 42.6cm x 50.3cm dan bobot sekitar 18kg. Sehingga sangat sesuai jika diletakkan di ruangan yang terbatas. 

Fuji Xerox DocuPrint M355 DF memiliki kecepatan cetak 35 paper per minute (ppm) yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari di lingkungan perkantoran. 

2. Konica Minolta Bizhub 164

Masih dari brand asal Jepang, rekomendasi mesin fotocopy mini berikutnya adalah Konica Minolta Bizhub 164. Ukuran dari  Konica Minolta Bizhub 164  berkisar 570 x 531 x 449 mm. Sementara bobot totalnya 24kg. 

Meski merupakan tipe lama,  Konica Minolta Bizhub 164 mempunyai fitur scan ID card otomatis, Fitur tersebut dapat membantu Anda untuk menyalin ID card kemudian mencetaknya sesuai ukuran asli kartu tanpa perlu pengaturan khusus.

3. Kyocera Ecosys M2040DN

Dengan kecepatan cetak up to 40 paper per minute, Kyocera ECOSYS M2040dn sangat pas untuk digunakan baik dalam keperluan administrasi kantor atau bisnis percetakan skala menengah.

Kyocera ECOSYS M2040dn juga sudah mendukung fitur double side print yang memudahkan Anda untuk mencetak dokumen di kedua sisi kertas secara bersamaan.

4. Ricoh MP 305+SPF

Ricoh MP 305+SPF mengandalkan kecepatan cetak hingga 30 ppm. Sementara dari sisi ukuran, mesin dari Ricoh yang satu ini hanyalah 350 x 493 x 505 mm, tetapi bobotnya mencapai 32kg

Keunggulan Ricoh MP 305+SPF terletak pada kemampuannya untuk mencetak dokumen hingga ukuran A3. Tak hanya itu, suara yang dihasilkan dari Ricoh MP 305+SPF saat sedang proses mencetak juga cenderung tidak terlalu bising seperti mesin fotocopy lainnya. 

5. Kyocera Ecosys FS-1120MFP

Kyocera Ecosys FS-1120MFP merupakan perangkat fotocopy multifungsi yang dapat menyalin, mencetak, serta mengirim fax. Dengan kemampuan yang cukup lengkap, perangkat ini menawarkan solusi komprehensif untuk semua kebutuhan dokumen kantor Anda. 

Kecepatan cetak terbilang cukup standar, hanya sekitar 25 paper per minute dan waktu pemanasan kurang dari 23 detik. Walau demikian, FS-1120MFP dari Kyocera ini dapat membantu Anda untuk mencetak berbagai dokumen dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. 

6. Ricoh MP2014AD

Rekomendasi mesin fotocopy mini untuk usaha selanjutnya datang dari Ricoh, yakni Ricoh MP 2014AD. Mesin ini hanya mampu mencetak kertas hingga 20 paper per minute. Namun,  Ricoh MP 2014AD sudah dilengkapi dengan fitur  Automatic Reverse Document Feeder (ARDF) untuk mempercepat proses penyalinan dan pencetakan dokumen. 

Kapasitas toner dalam cartridge Ricoh MP 2014AD mampu mencetak hingga 12.000 lembar. Sehingga toner-nya tidak cepat habis meski mesin sering digunakan setiap hari. 

Kelebihan selanjutnya terletak pada desain penutup wadah kertasnya yang dapat dengan mudah dibuka ke samping. Sehingga apabila terjadi paper jam, Anda dapat dengan mudah mengeluarkan kertas yang tersangkut di dalam.

7. Canon imageCLASS D530 Monochrome

Canon imageCLASS D530 dapat mencetak cetak hingga 26 halaman per menit dan waktu keluar halaman pertama hanya dalam 5,8 detik. Memang, Canon imageCLASS D530 dirancang khusus untuk mencetak kertas dalam volume yang besar. Siklus kerja unit ini mencapai hingga 10.000 halaman bulanan. Selain itu, Anda dapat menyalin 2 atau 4 halaman ke satu halaman dan menyalin kedua sisi ID ke dokumen satu sisi.

8. HP LaserJet Enterprise MFP M430f

Mesin fotocopy mini dari HP yang satu ini mempunyai kecepatan cetak mencapai 42 halaman per menit dan kemampuan cetak.  Fitur unggul lainnya terletak pada dupleks otomatis dan Automatic Document Feeder (ADF) dengan kapasitas 50 lembar yang memudahkan pencetakan dokumen.

Dari segi kemudahan penggunaan, HP LaserJet Enterprise MFP M430f sudah dilengkapi dengan layar sentuh berwarna 4,3 inci. Sehingga relatif sangat mudah dioperasikan. 

9. HP PageWide Pro 477dw

HP PageWide Pro 477dw merupakan solusi cetak yang inovatif dan efisien untuk bisnis yang memerlukan multifungsi dalam satu perangkat. Dengan kecepatan cetak yang luar biasa hingga 40 halaman per menit, printer ini sudah dilengkapi dengan fitur cetak dupleks otomatis yang dapat mencetak di dua sisi kertas dengan cepat. 

Selanjutnya, printer dari HP yang satu ini dilengkapi dengan konektivitas nirkabel, Ethernet, USB, dan NFC touch-to-print yang dapat memudahkan Anda untuk mencetak dari berbagai perangkat tanpa perlu terhubung dengan kabel.

10.  Epson EcoTank L15160

Dan terakhir, ada Epson EcoTank L15160  yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan cetak volume tinggi dengan biaya operasional yang rendah. Kecepatan cetak  Epson EcoTank L15160 mencapai hingga 25 halaman per menit dan mampu mencetak kertas hingga ukuran A3. 

Mesin ini juga mempunyai fitur dupleks untuk mencetak bolak-balik pada halaman kertas. Dari segi konektivitas,  L15160 sudah mampu terhubung dengan Wi-Fi dan Ethernet serta Epson Connect, iPrint, Email Print, dan Remote Print Driver yang spesial dirancang oleh Epson. 

Itulah deretan rekomendasi mesin fotocopy mini untuk usaha Anda. MCM menyediakan berbagai jenis mesin fotocopy berkualitas unggul seperti Ricoh, Kyocera, Canon, dan lain sebagainya. Kami akan membantu Anda untuk menemukan mesin fotocopy terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.