Kebutuhan akan cetak fisik masih sangat relevan, baik untuk dokumen resmi, materi pemasaran, atau keperluan administratif lainnya. Oleh karena itu, memilih printer kantor terbaik bukanlah hal yang sepele. 

Inilah beberapa rekomendasi mesin printer terbaik untuk kantor yang patut Anda ketahui. 

Pertimbangan Sebelum Membeli Printer untuk Kantor 

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek seputar mesin printer yang nantinya akan digunakan dalam keperluan kantor. 

1. Anggaran

Tentukan anggaran atau biaya yang akan Anda keluarkan terlebih dahulu sebelum membeli mesin printer. Langkah ini membantu untuk memastikan bahwa pembelian Anda sesuai dengan kebutuhan kantor. 

Anggaran tidak hanya mencakup harga awal pembelian printer itu sendiri. Anda harus mempertimbangkan biaya operasional jangka panjang.

2. Kebutuhan Cetak

Berikutnya, Anda perlu memahami kebutuhan cetak di kantor Anda. Jika Anda akan mencetak dalam volume besar, maka pilihlah mesin printer yang mempunyai volume cetak yang tinggi. 

Untuk dokumen tertentu seperti brosur atau proposal bisnis, Anda dapat memilih printer yang memiliki kualitas cetak yang tajam.

3. Biaya Operasional

Pelajari dan pahami biaya penggantian cartridge tinta atau toner serta frekuensi penggantiannya. Tak lupa, cari tahu berapa konsumsi daya listrik yang diperlukan. Printer yang hemat energi dapat mengurangi biaya listrik.

4. Ukuran dan Tata Letak Kantor

Pertimbangkan ruang yang tersedia di kantor Anda. Printer dengan ukuran yang terlalu  besar terlihat tidak praktis untuk kantor dengan ruang terbatas.

5. Konektivitas

Pilih printer dengan konektivitas nirkabel atau wireless. Jenis printer wireless memudahkan Anda untuk mencetak dari berbagai perangkat tanpa perlu kabel. Pastikan pula printer kompatibel dengan sistem operasi dan perangkat yang digunakan di kantor Anda.

6. Fitur Tambahan

Printer kantor modern tidak hanya menawarkan fungsi pencetakan dasar, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan. 

Contohnya saja fitur duplex printing, yang memungkinkan pencetakan dua sisi dokumen, efektif menghemat kertas dan mendukung praktik kerja yang lebih ramah lingkungan. 

8. Ulasan dan Reputasi Merek

Saat memilih produk, sangat penting untuk membaca review atau ulasan dari pengguna lain dan mempertimbangkan reputasi merek terkait kualitas dan layanan pelanggan. Berbagai macam review ini bisa Anda jadikan pertimbangan dan insight baru yang biasanya tidak akan Anda dapatkan dari deskripsi produk resmi. 

Rekomendasi Printer Kantor

Setelah melihat beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan untuk membeli sebuah mesin printer, berikutnya mari simak rekomendasi mesin printer kantoran berikut ini: 

1. Epson EcoTank L15160 A3

Printer Epson EcoTank L15160 A3 adalah solusi cetak yang ideal untuk kantor dengan volume cetak tinggi. Diperkaya dengan teknologi Epson Heat-Free yang membuat mesin printer memiliki berkecepatan tinggi namun tetap hemat listrik. 

Kecepatan cetak yang konsisten, mencapai 32 ppm (pages per minutes) untuk draf dan 25 ipm (image per minutes) untuk cetak standar menjadikannya cocok untuk perkantoran yang mencetak banyak dokumen. 

Selain itu, konektivitas jaringan yang dimiliki oleh Printer Epson EcoTank L15160 A3 cukup  luas, mencakup Ethernet dan Wi-Fi Direct.

2. HP PageWide Pro 477dw

HP PageWide Pro 477dw Multifunction Printer merupakan pilihan yang sangat baik untuk Anda yang membutuhkan efisiensi tinggi. Printer ini mampu mencetak hingga 55 ppm membuatnya ideal untuk volume cetak yang tinggi. 

Didukung dengan teknologi PageWide, HP PageWide Pro 477dw Multifunction Printer memiliki hasil kualitas cetak yang sangat baik dengan teks yang tajam dan grafik yang jelas. 

Dari segi kemampuan scan, printer multifungsi dari HP ini mampu menyalin dokumen bolak-balik secara otomatis dan cepat.

3. Brother MFC-9140CDN

Rekomendasi printer multifungsi untuk penggunaan kantor berikutnya datang dari brand Brother. Brother MFC-9140CDN adalah printer multifungsi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas. 

Dengan kecepatan cetak penuh warna hingga 22 ppm dan panel kontrol dengan layar sentuh yang intuitif, MFC-9140CDN cenderung mudah digunakan untuk para pengguna. 

4. HP OfficeJet 200 Mobile

Bagi Anda profesional yang sering berpergian, maka HP OfficeJet 200 Mobile Printer adalah solusi cetak patut dipertimbangkan. 

Printer ini dirancang untuk mobilitas, dengan ukuran yang compact dan bobot yang ringan membuatnya mudah untuk dibawa dalam tas laptop atau tas kerja. Kecepatan printer ini tergolong standar, yakni 7 – 10 ppm. 

Salah satu fitur utama dari printer ini adalah konektivitas nirkabelnya, yang memungkinkan pengguna untuk mencetak dari berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet melalui Bluetooth atau Wi-Fi Direct.

Walau kecepatan cetak tergolong standar dan memiliki ukuran yang kecil, HP OfficeJet 200 memiliki resolusi cetak yang tinggi. Baterai HP OfficeJet 200 Mobile Printer tergolong tahan lama. 

5. Epson WorkForce Pro WF-C5790

Printer terbaik untuk kantor berikutnya datang dari Epson WorkForce Pro WF-C5790 yang menggabungkan kecepatan, efisiensi, dan kualitas cetak tinggi. Tak heran jika printer multifungsi ini dapat menjadi pilihan yang ideal untuk kantor Anda. 

Dengan teknologi PrecisionCoreTM Printhead, printer ini mampu mencetak dengan kecepatan hingga 34 ppm dan waktu cetak halaman pertama hanya 4,8 detik. 

Printer ini juga menonjol dalam hal efisiensi tinta dan ramah lingkungan. Replaceable Ink Pack System (RIPS) dari Epson akan memudahkan Anda untuk mengganti tinta serta  mengurangi downtime. Setiap paket tinta standar menghasilkan hingga 3,000 halaman dalam hitam atau warna. 

Selain itu, WF-C5790 dilengkapi dengan layar sentuh berwarna 4,3 inci untuk pengoperasian serta konektivitas serbaguna seperti Ethernet, Wi-Fi Direct, NFC, dan USB 2.0. Epson Connect.

6. Epson EcoTank L5290 All-in-one

Selanjutnya, ada Epson EcoTank L5290 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan cetak bisnis kecil dengan efisiensi tinggi dan biaya operasional yang rendah. Printer ini menawarkan kecepatan cetak yang cukup mumpuni hingga 33 ppm. 

Salah satu fitur utama dari printer ini adalah teknologi Epson Heat-Free yang memungkinkan pencetakan kecepatan tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah, karena tidak memerlukan panas selama proses pelepasan tinta.

Desainnya yang hemat ruang membuat Epson EcoTank L5290 ideal untuk kantor dengan ruang terbatas. Selain itu, desain unik dari nozel botol memungkinkan pengisian ulang tinta bebas tumpah. 

Printer Epson EcoTank L5290 juga dilengkapi dengan Automatic Document Feeder (ADF) 30 lembar untuk pemindaian dan penyalinan dokumen multipage yang mudah. Kemudian ada fitur Epson Connect dan solusi mobile lainnya seperti Apple® AirPrint™ dan Mopria™ Print Service yang memungkinkan pencetakan nirkabel dari mana saja. 

7. Canon Pixma iP2770

Canon PIXMA iP2770 adalah printer inkjet yang dirancang untuk pencetakan foto yang mudah dan terjangkau dengan kualitas profesional. Printer ini menawarkan kombinasi unik antara kualitas dan kecepatan, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk pengguna rumahan yang mencari solusi cetak foto berkualitas tinggi.

Fitur unggulan dari PIXMA iP2770 adalah teknologi print head FINE™ milik Canon, yang menghasilkan gambar yang jelas dan detail dengan kualitas sekelas profesional. Teknologi tersebut memastikan kestabilan tetesan tinta, kualitas, dan daya tahan yang luar biasa, menghasilkan gambar berkualitas tinggi setiap kali. 

Printer ini mampu mencetak dengan resolusi 4800 x 1200 dpi dan menggunakan Chromalife 100+, memastikan cetakan teks yang jelas dan tajam dengan warna yang tahan lama. 

PIXMA iP2770 dilengkapi dengan koneksi USB 2.0 berkecepatan tinggi, memastikan transfer data yang cepat dan konsisten antara perangkat dan printer tanpa jeda waktu. 

8. Epson WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet

Epson memiliki printer kantoran dengan desain portable. Seri Epson WorkForce WF-100 adalah printer inkjet Wi-Fi yang dirancang untuk mobilitas tinggi. Dengan berat hanya 1,6 kg, printer ini sangat ringan dan kompak, mudah dimasukkan ke dalam tas atau koper, memungkinkan pencetakan segera di mana saja.

Printer ini dilengkapi dengan baterai terintegrasi yang dapat diisi ulang melalui USB. Dalam hal konektivitas, WF-100 menawarkan fleksibilitas dengan Wi-Fi Direct. Anda dapat menghubungkan hingga 4 perangkat ke printer tanpa router serta membagikan printer dengan mudah. 

WF-100 memiliki kecepatan print mencapai 14 ppm dan cetak foto berkualitas tinggi dengan resolusi cetak hingga 5.760 x 1.440 dpi. Epson WorkForce WF-100  dilengkapi dengan driver dasar bawaan untuk instalasi yang mudah tanpa memerlukan CD atau unduhan.

9. Brother DCP-T720DW

Brother memang terkenal sebagai salah satu brand printer papan atas di dunia. Seri DCP-T720DW dari Brother merupakan rekomendasi printer untuk kantor dengan volume cetak yang tinggi. Printer ini memiliki kecepatan cetak dokumen mencapai 30 ppm. 

DCP-T720DW dirancang untuk kemudahan pengisian ulang dengan tangki tinta transparan yang mudah diisi ulang. Konektivitas Wi-Fi dari DCP-T720DW memudahkan penggunaan untuk beberapa orang secara langsung dalam satu tim. Anda juga dapat mencetak langsung dari perangkat smartphone.

10. Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank

Apabila perusahaan Anda butuh printer yang mampu mencetak berbagai materi multimedia, maka Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank adalah jawabannya. Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank tidak hanya mampu untuk mencetak foto atau gambar saja, tetapi juga mampu untuk mencetak gambar pada CD/DVD secara langsung. 

Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank tetap bisa diandalkan untuk mencetak dokumen sederhana meski fitur utamanya adalah mencetak gambar dengan warna yang intens. Kecepatan cetak dari Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank dapat mencapai 38 ppm. 

Soal konektivitas, seri L805 dari Epson ini sudah didukung oleh Wi-Fi yang memudahkan Anda untuk mencetak dokumen tanpa sambungan kabel.

11. Epson L121

Epson EcoTank L121 adalah printer ink tank yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan cetak bisnis kecil. Setiap set botol tinta Epson EcoTank L121 mampu mencetak 4.500 halaman hitam putih dan 7.500 halaman berwarna. Cocok digunakan untuk Anda yang sering mencetak berbagai macam dokumen sederhana. 

12. Epson L3110

Serupa dengan Epson EcoTank L121, Epson EcoTank L3110 adalah printer kantor terbaik dengan biaya operasional yang rendah. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada bentuknya yang sedikit “boxy” namun tetap compact. 

L3110 dapat mencetak hingga 100 halaman tanpa gangguan. Ini sangat berguna untuk pekerjaan cetak volume tinggi. Selain itu, printer ini dilengkapi dengan scanner berkualitas tinggi dengan resolusi 48-bit x 600 x 1200 dpi, memastikan hasil scan yang tajam dan jelas.

Kecepatan cetaknya juga cukup mumpuni, dengan kemampuan print hingga 33 halaman per menit untuk hitam putih dan 15 halaman per menit untuk warna. 

13. Canon MAXIFY MB5170

Canon MAXIFY MB5170 merupakan printer kantor terbaik yang dirancang spesial dalam memenuhi kebutuhan bisnis kecil. Printer ini menawarkan kemampuan cetak, pindai, salin, dan fax dengan performa dan kecepatan tinggi.

MAXIFY MB5170 memiliki kecepatan cetak sekitar 32,5 ppm untuk dokumen hitam putih dan 26,5 ppm untuk warna. Kelebihan dari MAXIFY MB5170 berikutnya adalah scanning dua sisi dokumen sekaligus secara otomatis. 

Jika tinta mesin printer hampir habis, maka Anda akan menerima notifikasi lewat email saat itu juga. Anda pun tidak perlu memantau kondisi printer terus-terusan ketika sedang bekerja.

14. HP LaserJet Pro MFP M428fdw

Sebagai printer multifungsi, HP LaserJet Pro MFP M428fdw mempunyai kapasitas kertas yang tinggi dengan tray kertas 100 lembar dan 250 lembar serta Automatic Document Feeder 50 lembar. Sehingga HP LaserJet Pro MFP M428fdw dapat menangani volume cetak yang besar tanpa perlu sering mengisi ulang kertas. 

Kecepatan cetak HP LaserJet Pro MFP M428fdw mencapai 38 halaman per menit (ppm). Ditambah lagi, kualitas cetaknya yang tajam dengan resolusi Fine Lines (1200 x 1200 dpi) menjamin setiap dokumen tercetak dengan jelas dan detail.

Dari segi konektivitas, HP LaserJet Pro MFP M428fdw mendukung berbagai konektivitas termasuk Hi-Speed USB 2.0, Gigabit Ethernet, dan Wi-Fi  yang sangat memudahkan Anda ketika perlu mencetak dokumen langsung dari smartphone.

15. Brother HL-L2375DW

Kecepatan cetak Brother HL-L2375DW mencapai hingga 34 halaman per menit. Printer ini juga sudah memiliki fitur pencetakan dua sisi (duplex) secara otomatis, yang tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi penggunaan kertas.

Dari segi kualitas, Brother HL-L2375DW menawarkan resolusi cetak hingga 1,200 x 1,200 dpi, yang menghasilkan teks yang tajam dan gambar yang jelas. Namun demikian, Brother HL-L2375DW hanya mendukung cetak mono atau hitam putih saja. 

Brother HL-L2375DW tidak memakan banyak ruang karena bentuknya yang tidak terlalu besar, membuatnya ideal untuk kantor dengan ruang terbatas. Tingkat kebisingan dari Brother HL-L2375DW pun cukup rendah, hanya kurang dari 50 dB saat beroperasi. 

Printer ini sudah mendukung pencetakan nirkabel dari berbagai perangkat termasuk desktop, laptop, smartphone, dan tablet. 

Itulah ulasan tentang tips memilih sampai rekomendasi printer kantor terbaik. Apapun kebutuhan jenis printer Anda, konsultasikan bersama MCM! Terdapat berbagai macam printer dari brand ternama dengan kualitas terbaik.

MCM sudah berpengalaman sebagai distributor mesin printer dan fotocopy di Indonesia. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga!