Printer merupakan satu perangkat yang penting keberadaannya di lingkungan perkantoran untuk mencetak berbagai dokumen administrasi atau presentasi. Namun, apa jadinya jika tiba-tiba printer tidak mau menyala? Bisa jadi hal ini disebabkan kerusakan mesin atau kelalaian dari pengguna. 

Untuk membantu Anda, MCM akan membahas tentang mengapa printer tidak mau menyala sampai cara mengatasinya. 

Penyebab Printer Tidak Menyala

Saat sebuah mesin printer tidak mau menyala sama sekali, ada berbagai penyebab yang umumnya berasal dari masalah aliran listrik, kerusakan mesin, sampai kekeliruan pengguna itu sendiri. Contohnya antara lain: 

1. Sumber Listrik Bermasalah 

Salah satu penyebab paling umum mengapa printer tidak bisa menyala adalah masalah pada sumber listrik. Pastikan bahwa printer Anda terhubung ke sumber listrik yang stabil dan berfungsi. 

2. Masalah Kabel

Kabel daya yang rusak dapat menyebabkan arus listrik yang seharusnya mengalir ke mesin printer menjadi terhambat. Akibatnya, printer tidak akan bisa menyala atau malah bisa memicu konsleting. 

3. Masalah Adaptor Daya

Jika printer Anda menggunakan adaptor eksternal dan pastikan adaptor tersebut terhubung dengan benar dan berfungsi. Adaptor yang rusak bisa menjadi penyebab printer tidak menyala.

4. Kerusakan Internal

Komponen internal seperti papan sirkuit atau power supply yang rusak bisa menjadi faktor mengapa printer tidak menyala. Kerusakan ini seringkali memerlukan penanganan oleh profesional.

5. Tombol Power Rusak

Jika tombol power pada printer tidak berfungsi dengan benar, printer tidak akan bisa menyala. 

6. Kabel Belum Dicolokan 

Mungkin hal ini terdengar sedikit konyol.  Namun seringkali, banyak orang yang panik karena printer tidak bisa menyala, sementara penyebab utamanya dikarenakan mereka lupa mencolokkan kabel ke sekring. 

Cara Mengatasi Printer Tidak Mau Menyala

Inilah beberapa cara untuk memperbaiki printer yang tidak mau menyala: 

1. Periksa Colokan

Cara mengatasi printer tidak mau menyala yang pertama adalah pastikan printer terhubung dengan benar ke sumber daya. 

Jika terhubung langsung ke stop kontak, coba cek apakah stop kontak tersebut menyediakan daya listrik. Cabut kabel printer terlebih dahulu, kemudian barulah colokkan dengan perangkat lain. 

Apabila Anda menemukan bahwa daya listrik dari stop kontak tersebut normal, kemungkinan memang printer Anda memang mengalami masalah. 

2. Pasang Ulang Kabel Daya

Meski begitu, problem printer tidak mau menyala terkadang juga disebabkan oleh pemasangan yang kurang tepat. Cobalah lagi mencabut dan memasang kabel di stop kontak. 

3. Reset Printer

Reset printer dapat dilakukan dengan cara mencabut kabel daya, lalu tunggu beberapa detik dan pasang kembali kabel daya. Coba nyalakan printer lagi. Kalau masih tidak berhasil, tekan dan tahan tombol daya printer selama 10 detik.

4. Bersihkan Titik Kontak

Anda juga dapat mencoba mencabut kabel kemudian bersihkan area kabel masuk menggunakan kain non berserat. Sebab, kotoran atau debu dapat menghalangi aliran listrik. 

6. Ganti Kabel Daya

Dan cara mengatasi printer tidak mau menyala yang terakhir, Anda dapat mengganti kabel daya printer dengan yang baru. Pilih dan hanya gunakan kabel daya yang sesuai dengan model printer Anda. 

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, Anda disarankan untuk menghubungi teknisi untuk membantu mengatasi masalah pada printer.

Wajib Anda ingat, Anda sebaiknya tidak asal membongkar mesin printer begitu saja. Sebab, bisa saja mesin akan mengalami kerusakan yang lebih fatal dikarenakan metode pemeriksaan yang keliru. Sebaiknya serahkan perbaikan printer Anda kepada teknisi ahli yang sudah berpengalaman. 

MCM siap membantu Anda untuk memperbaiki berbagai tipe mesin printer dari brand papan atas, mulai dari Canon, Kyocera, HP, Epson, dan lain sebagainya.

Melalui jasa service mesin fotocopy serta pengalaman selama 15 tahun lebih sebagai distributor resmi mesin fotocopy di Indonesia, pengalaman MCM tentu tak perlu diragukan lagi.