Mesin fotocopy merupakan salah satu inventaris yang sangat penting dimiliki oleh bisnis demi kelancaran operasional. Namun dengan banyaknya jenis, ukuran, dan merek mesin fotocopy yang tersedia, terkadang memilih mesin fotocopy yang tepat untuk bisnis Anda bisa menjadi cukup membingungkan.

Ketika sedang mencari mesin fotocopy untuk kantor, pastikan Anda memilih mesin fotocopy dari supplier yang telah memiliki reputasi dalam menghadirkan produk dengan kualitas terbaik.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam memilih mesin fotocopy untuk kebutuhan kantor atau bisnis Anda, kali ini kami akan menghadirkan pembahasan mengenai rekomendasi merek mesin fotocopy terbaik pilihan MCM.

1. Canon

Canon adalah perusahaan dari Jepang yang telah dengan konsisten memproduksi produk optis dan pencitraan—lensa, kamera, mesin fotokopi, dll—kualitas tinggi sejak tahun 1930-an. Produk dari Canon dikenal dengan sistem pengoperasiannya yang halus dan tahan lama, sehingga menawarkan pengalaman penggunaan yang mulus bahkan pada pencetakan skala besar. Sistem dan interface pengoperasian mesinnya yang logis dan intuitif pun juga memungkinkan kemudahan akses untuk melakukan pemeliharaan mesin.

Seri mesin fotocopy Canon yang paling terkenal adalah imageRuner, yang bahkan model entrylevel-nya saja telah dilengkapi oleh fitur-fitur yang umumnya hanya dimiliki oleh mesin fotocopy model highend. Beberapa fitur tersebut antara lain secured printing, PDF searching, duplex document feeder, dan scan to email.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy Canon

  • Canon iR 2525: kecepatan cetak 25 lembar per menit; kapasitas cetak 300.000 lembar/bulan
  • Canon iR 3235/3245: multifungsi copy, print, dan scan warna; kecepatan cetak 35 – 45 lembar/menit
  • Canon iR 4245/4251: kecepatan cetak hingga 45 lembar/menit; scan dengan kecepatan hingga 51/51 ipm
  • Canon iRA 4545i/4551i : kecepatan cetak 45 – 51 lembar per menit; resolusi cetak hingga 1200 dpi (dots per inch)
  • Canon iRA 6257: kecepatan cetak 45 – 51 lembar per menit, resolusi cetak hingga 1200 dpi

2. Konica Minolta

Konica Minolta memiliki lini produk mesin fotocopy yang sangat luas untuk berbagai macam bisnis, baik untuk yang skala kecil hingga skala global.

Dalam mendesain produk mesin fotocopy, Konica Minolta sangat memerhatikan aspek userfriendliness, dengan layar interface touchscreen yang lebar dan tombol yang jelas sehingga sangat mudah dioperasikan. Selain itu, mesin fotokopi Konica Minolta menggunakan teknologi open platform bizhub, di mana jika Anda telah mempelajari dasar-dasar satu mesin fotokopi, Anda dapat dengan mudah mengelola perangkat lain di lini yang sama, bahkan dengan sistem copy yang rumit.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy Konica Minolta

  • Bizhub C226i: resolusi cetak hingga 1,800 x 600 dpi; hasil print hitam putih dan warna; kapasitas kertas hingga 3,600 lembar
  • Bizhub C650i / C550i / C450i: multifungsi dengan resolusi warna tinggi; kecepatan cetak hingga 65 lembar/menit; kecepatan dual scanning hingga 280 opm
  • Bizhub C750i : kecepatan cetak hingga 75 lembar/menit; mobile print support; kapasitas kertas hingga 6,650 lembar

3. Kyocera

Kyocera terkenal dengan produk mesin fotokopi kantornya yang multifungsi, memungkinkan Anda untuk melakukan printing, scanning, copying dan faxing, hanya dengan satu mesin saja. Kyocera menjadi salah satu merek mesin fotocopy paling populer karena fitur finishing-nya yang unggul, sehingga Anda dapat mencetak report dan buklet profesional dengan hasil yang sangat baik.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy Kyocera

  • ECOSYS M2040dn: kecepatan cetak hingga 40 lembar/menit; resolusi scan hingga 600 dpi; resolusi cetak hingga 1,200 dpi
  • ECOSYS M3860idn: kecepatan cetak hingga 60 lembar/menit; kapasitas kertas hingga 2,600 lembar; Single Pass Duplex scanning feeder
  • ECOSYS M6630cidn: kecepatan cetak hingga 30 lembar A4/menit; double-sided print, copy, scan, dan fax

4. Ricoh

Ricoh merupakan salah satu merek yang menempati jajaran teratas perusahaan mesin fotocopy terbaik di dunia, dan dikenal dengan efisiensi dan kualitas cetaknya.

Produk mesin fotocopy Ricoh juga terkenal dapat bertahan lama tanpa perlu perbaikan atau penggantian suku cadang. Dibandingkan dengan merek populer lainnya, Ricoh menawarkan harga mesin fotocopy yang lebih terjangkau, sehingga ideal untuk bisnis kecil dan juga bisnis yang lebih mementingkan performa mesin fotokopi.

Selain itu, Ricoh juga menawarkan berbagai penyesuaian produk, yang memungkinkan Anda membeli mesin dengan anggaran terbatas dengan mengabaikan add-on seperti fungsi zoom dan automatic document feeder.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy Ricoh

  • Aficio MP 2852/3352: ukuran kertas A6 hingga A3; kecepatan cetak hingga 33 ppm; kapasitas kertas hingga 3,150 lembar
  • Aficio MP 5002: ukuran kertas A5 hingga A3; kecepatan cetak hingga 40 ppm; kapasitas kertas hingga 3,000 lembar

5. HP

HP menyediakan model mesin fotocopy desktop dan standing dengan kapabilitas output kertas yang tinggi. Produk mesin fotocopy HP terkenal sebagai pilihan yang paling ramah lingkungan dan hemat biaya untuk bisnis.

Selain itu, HP mendominasi pasar laptop dan PC, sehingga jika Anda sudah memiliki komputer HP, maka memilih printer HP menjadi pilihan yang paling praktis karena sudah memiliki driver asli untuk printer dan scanner.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy HP

  • PageWide Pro 477dw: kecepatan cetak hingga 40 ppm; auto duplex printing
  • HP LaserJet Pro: dilengkapi fitur eprint; memiliki fitur smart install

6. Xerox

Xerox merupakan salah satu merek dengan pilihan mesin fotocopy dan printer berwarna paling banyak di dunia. Merek mesin fotocopy yang satu ini terkenal dengan opsi allinone laser printernya yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti advanced security tools, interface yang sederhana, koneksi wifi, dan fitur cost control.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy Xerox

  • FUJI XEROX DocuCentre SC2022: mobile support; cloud connected; layar interface intuitif; kecepatan cetak hingga 20 ppm
  • FUJI XEROX DocuCentre S2520: kecepatan cetak hingga 25 ppm; fitur cetak n-up print, booklet, dan ID card copy

7. Sharp

Keunggulan dari mesin fotocopy Sharp terletak pada teknologi untuk kebutuhan komersialnya. Produk mesin fotocopy dari Sharp memiliki sistem copy dan printing digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tertentu.

Sebagai contoh, teknologi OSA Sharp dapat digunakan untuk mengekstrak data dokumen perusahaan. Maka dari itu, Sharp cocok untuk Anda yang mencari mesin fotocopy berteknologi tinggi, namun tetap mudah digunakan.

Rekomendasi Tipe Mesin Fotocopy Sharp

  • Sharp AR 6020: kecepatan cetak hingga 20 ppm; resolusi cetak hingga 600 dpi; 2-in-1 / 4-in-1 copying
  • Sharp AR 6023D: kecepatan cetak hingga 23 ppm; resolusi cetak hingga 600 dpi; built-in stackless duplex module

Itu dia rekomendasi merek mesin fotocopy terbaik untuk kantoran atau bisnis Anda. Jika Anda sedang mencari solusi mesin fotocopy untuk kantor atau usaha Anda, MCM solusinya! Kami menyediakan berbagai solusi seputar mesin fotocopy dan printer termasuk penyewaan, penjualan, perawatan, dan penyedian spare part untuk mesin fotocopy dan printer dengan berbagai merek ternama.