Printer ink tank sering direkomendasikan untuk penggunaan perkantoran maupun bisnis percetakan. Jenis printer yang satu ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan tipe printer lainnya. Untuk lebih lengkap, MCM akan merekomendasikan rangkaian printer ink tank terbaik untuk kebutuhan Anda. 

Alasan Membeli Printer Ink Tank 

Secara umum, harga printer ink tank relatif sedikit lebih mahal. Meskipun demikian, printer ink tank sangat direkomendasikan khususnya bagi Anda rutin mencetak dokumen dalam format monokrom maupun full-color  

Di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli printer ink tank: 

1. Metode Pengisian Tinta yang Praktis 

Tidak seperti printer inkjet yang menggunakan cartridge khusus, printer ink tank menggunakan sebuah wadah yang sering disebut tangki untuk menyimpan tinta. 

Tangki tinta pada printer ink tank berada luar yang biasanya terletak di samping unit printer. Maka dari itu, Anda tidak perlu mengeluarkan tangki ketika hendak mengisi ulang tinta. Cukup masukkan tinta dari botol lewat lubang khusus pada tangki. Cukup praktis, bukan?  

2. Kapasitas Tinta Lebih Besar

Alasan berikutnya ialah faktor kapasitas tinta. Karena menggunakan tangki khusus, otomatis printer ink tank mempunyai kapasitas tinta yang lebih besar.

3. Hemat Biaya 

Kapasitas tinta yang lebih besar membuat printer ink tank juga lebih hemat biaya. Anda tidak perlu terlalu sering mengisi tinta seperti printer ink jet. 

4. Mudah Mengetahui Isi Tinta

Kemudahan lain dari printer ink tank terletak pada sisi pemantauan isi tinta. Pada printer inkjet, sulit untuk mengetahui apakah tinta yang tersedia pada cartridge masih banyak atau hampir habis. 

Sedangkan tangki printer ink tank terdapat sisi transparan yang akan memudahkan. Anda untuk melihat seberapa banyak sisa tinta yang ada. Sehingga, printer tetap dapat bekerja optimal tanpa terhambat dikarenakan tinta yang habis. 

Rekomendasi Printer Ink Tank 

Berikut rekomendasi printer ink tank terbaik untuk bisnis Anda dengan keunggulannya masing-masing: 

1. Brother DCP-T520W

Mesin printer Brother DCP-T520W adalah printer multifungsi yang mampu mencetak, menyalin, dan memindai dokumen.  Printer ini juga mempunyai layar LCD yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan dan memantau status printer. 

Kecepatan cetak Brother DCP-T520W dalam mode yang sebanding dengan laser adalah hingga 16 ipm (images per minute) untuk halaman monokrom dan 9ipm untuk halaman berwarna. 

Dari segi konektivitas, DCP-T520W dilengkapi dengan Hi-Speed USB 2.0 serta dukungan Wireless LAN yang dapat Anda gunakan untuk mencetak dari berbagai perangkat tanpa perlu koneksi kabel.

2. HP Ink Tank Wireless 419

Brand HP mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. HP Ink Tank 419 merupakan printer all-in-one nirkabel dengan kecepatan cetak hampir mencapai 8 ppm (paper per minute) untuk halaman hitam putih dan 5 ppm untuk halaman warna. 

Sesuai namanya all-in-one, printer dari HP ini mampu mencetak, memindai, dan menyalin lewat konektivitas USB dan nirkabel. 

Meski fiturnya cukup terlihat sederhana karena tidak dilengkapi dengan layar LCD atau sensor khusus untuk mendeteksi level tinta, biaya operasional HP Ink Tank 419 tergolong murah. 

Bentuknya juga terlihat compact, sehingga cocok untuk digunakan dan diletakkan di dalam ruangan kantor yang terbatas. 

3. Canon PIXMA All-in-One Printer G4770

Rekomendasi berikutnya adalah Canon PIXMA G4770. Seri PIXMA G4770 dari Canon merupakan printer ink tank multifungsi yang sangat cocok untuk kantor Anda yang super sibuk. Sebab PIXMA G4770 tak hanya mampu mencetak saja, tetapi juga telah dilengkapi dengan kemampuan memindai, menyalin, dan mengirim fax. 

Ada pula fitur automatic document feeder yang mampu menampung 35 lembar dokumen asli untuk pemindaian dan penyalinan massal tanpa bolak-balik membuka tutup pemindai. Untuk kecepatan cetak, Canon PIXMA G4770 dapat mencetak hingga mencapai 11ipm (halaman hitam putih) dan 6ipm (halaman full color).

Salah satu keunggulan utama dari PIXMA G4770 adalah kemampuan mencetak tanpa kabel. Pencetakan dokumen bisa dilakukan dari berbagai perangkat dan layanan cloud melalui aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY dan Canon Easy-Photo Print Editor yang disediakan oleh Canon secara resmi. Kedua aplikasi tersebut dapat Anda unduh tanpa biaya apapun alias gratis.

4. Epson EcoTank L3210 A4 All-in-One

Epson EcoTank L3210 adalah printer all-in-one yang dirancang untuk memberikan solusi pencetakan yang efisien dan ekonomis. Printer ini menawarkan fungsi print, scan, dan copy dalam satu perangkat.

Printing speed mesin Epson EcoTank L3210 mencapai 33.0 ppm (hitam putih) dan 15.0 ppm (color). Menariknya, EcoTank L3210 dapat mencetak foto berkualitas tinggi hingga ukuran 4R tanpa margin. Kemampuan tersebut membuat EcoTank L3210 sangat layak untuk digunakan di kantor Anda yang sering mencetak dokumen dalam berbagai format. 

5. Canon PIXMA G1020

Canon PIXMA G1020 adalah printer tangki tinta yang dirancang khusus untuk pencetakan volume tinggi, menggabungkan efisiensi biaya dan perawatan yang mudah. Printer ini menawarkan kecepatan cetak standar ISO A4 hingga 9,1 ipm untuk hitam dan 5,0 ipm untuk warna, dengan koneksi USB 2.0.

Dengan botol tinta berkapasitas besar, printer ini mampu mencetak hingga 7600 halaman hitam-putih dan 7700 halaman berwarna, menawarkan biaya tinta yang sangat terjangkau.

Fitur isi ulang tinta yang mudah dirancang untuk mencegah kesalahan pengisian, dengan setiap tutup botol tinta yang dirancang khusus untuk pas dengan tangki warna yang sesuai, memastikan proses pengisian yang anti tumpah. 

Selain itu, printer ini dilengkapi dengan cartridge pemeliharaan yang dapat diganti sendiri, memungkinkan waktu produktivitas yang lebih banyak tanpa hambatan.

6. HP Smart Tank 580 All-in-One Printer

HP Smart Tank 580 All-in-One Printer menggabungkan efisiensi kinerja, kemudahan penggunaan serta desain yang elegan dengan dominasi warna putih abu-abu. Desain tersebut menjadikan HP Smart Tank 580 All-in-One Printer dapat menambah estetika ruangan kerja Anda. 

Pengaturan HP Smart Tank 580 dapat dipandu oleh perangkat seluler, sehingga Anda tidak perlu bingung jika baru pertama kali menggunakan printer ini. memudahkan Anda untuk mencetak dari smartphone, tablet, atau laptop dengan mudah dan cepat. 

Untuk kecepatan cetaknya cukup standar, yakni 22 halaman per menit (dokumen hitam putih) dan 16 halaman (dokumen berwarna). Printer ini pun juga sudah memiliki fitur dupleks otomatis yang dapat mencetak di dua sisi kertas sekaligus. 

Berikutnya, Anda dapat mencetak dokumen secara nirkabel lewat koneksi Wi-Fi dan USB serta berbagai penyimpanan cloud seperti Apple AirPrint™, HP ePrint, dan Mopria™ yang akan

Keunggulan lain dari printer ini adalah sistem HP Wolf Essential Security yang memberikan perlindungan yang kuat dalam menjaga dokumen dan data Anda tetap aman dari peretasan. 

Adapula sensor khusus yang dapat memberitahu Anda jika tinta hampir habis. Dengan begitu, Anda tidak pernah kehabisan tinta di tengah-tengah pekerjaan penting. Printer juga dapat otomatis menyala ketika ada file  yang dikirim ke printer dan kembali mati ketika tidak ada aktivitas.

7. Epson EcoTank EcoTank L15160

Ada pula printer dari brand Epson dengan tipe EcoTank L15160. Jenis printer ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari printer multifungsi. Keunggulannya, EcoTank L15160 mampu mencetak sampai ukuran A3 dan sudah dilengkapi pula dengan fitur duplex otomatis untuk mencetak di kedua sisi secara otomatis. 

Konektivitas Wi-Fi yang sudah disematkan pada Epson EcoTank L15160  memudahkan Anda untuk melakukan pencetakan nirkabel lewat berbagai perangkat, termasuk smartphone dan tablet. Kecepatan cetaknya pun cukup tinggi, yakni mencapai 25.0 ipm.

8. Brother DCP-T220

Pilihan rekomendasi printer ink tank terbaik selanjutnya jatuh kepada Brother DCP-T220. Walau spesifikasi mesin ini di bawah Brother DCP-T520W,  Brother DCP-T220 dapat memenuhi kebutuhan dokumen Anda dengan fungsi utama cetak, scan, dan copy. 

Yang membedakan antara DCP-T220 dan DCP-T520W adalah fitur layar LCD-nya. Brother DCP-T220 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mempunyai budget terbatas namun tetap ingin mempunyai mesin printer yang bandel. 

Kecepatan cetaknya mencapai hingga 17,9 ipm dan dapat menampung hingga 150 lembar di dalam tray. Anda tidak perlu sering-sering mengisi ulang kertas.

9. Epson EcoTank L6490 A4

Epson EcoTank L6490 adalah printer multifungsi dengan kemampuan print, scan, copy, dan fax. Mesin ini memiliki dimensi 37,5cm x 34,7cm x 34,6cm, di mana ukuran ini tidak terlalu besar untuk jenis printer all-in-one. 
Selanjutnya, Epson EcoTank L6490 menawarkan fitur pencetakan auto-duplex dan Automatic Document Feeder (ADF) yang efisien serta mencetak dengan kecepatan 9,5 ipm sampai 17 ipm. Dengan aplikasi Epson Smart Panel, Anda dapat mengubah perangkat mobile Anda menjadi pusat kontrol untuk mengatur, memantau, dan mengoperasikan printer.

10. Canon PIXMA G3770

Tak hanya HP yang memiliki seri printer ink tank terbaik dengan desain menarik, Canon juga punya unit dengan kelebihannya sendiri. Canon PIXMA G3770 sudah dilengkapi dengan fitur scan, print, copy. Pilihan warna dari unitnya pun cenderung unik, yakni tersedia dalam warna merah, hitam, dan putih.

Didukung dengan layar LCD 1,35 inci yang memudahkan pengoperasian dan pengaturan perangkat, Canon PIXMA G3770 mampu mencetak dalam kecepatan 11 sampai 6 ipm, baik dalam format hitam putih maupun berwarna. 

Kemampuan mobile dan cloud printing lewat Wi-Fi aplikasi resmi yang diluncurkan Canon seperti Canon Print, Inkjet/SELPHY, dan Canon Easy-Photo Print Editor sangat membutuhkan Anda untuk mencetak dokumen .

11. HP Smart Tank 210 Wi-Fi Printer

Pilihan printer ink tank ekonomis lainnya adalah HP Smart Tank 210. Tipe ini mencetak kertas maksimal ukuran A4 serta mencetak dalam kecepatan 12 ppm untuk hitam putih dan 5 ppm untuk warna. 

Berkat adanya konektivitas USB dan Wi-Fi, Anda dapat menggunakan  HP Smart Tank 210 untuk mencetak dari berbagai perangkat secara nirkabel. 

Meski fiturnya sangatlah sederhana dan hanya support printing saja,  HP Smart Tank 210 sudah mempunyai sensor khusus yang akan memberi notifikasi jika tinta berada di level rendah.

12. Brother HL-T4000DW

Printer MFC-T4500DW yang diluncurkan oleh Brother memiliki empat fungsi utama: mencetak, memindai, menyalin, dan mengirim faks, sehingga sangat praktis untuk berbagai keperluan.

Salah satu keunggulan utama dari printer ini adalah kemampuannya untuk mencetak dalam format A3. Fitur ini sangat berguna untuk mencetak poster, brosur, atau dokumen lain yang memerlukan ruang lebih.
Brother MFC-T4500DW sudah memiliki koneksi Wi-Fi yang terintegrasi untuk menyambungkan berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan komputer saat hendak mencetak.

13. Epson L850 Photo All-in-One Ink Tank Printer

Tipe L850 yang diluncurkan Epson ini rasanya cocok digunakan di lingkungan kantor yang mengandalkan macam-macam dokumen multimedia, mulai dari foto, brosur, poster hingga mencetak gambar langsung di atas CD. 

Karena kemampuannya untuk mencetak foto pula, Karena kemampuan multimedia ini, Epson L850 memiliki tangki tinta 6 warna. Performa cetak Epson L850 tergolong cukup unggul, yakni 37 ppm. 

Bahkan Epson L850 dapat dioperasikan tanpa menggunakan komputer. Anda dapat langsung memakainya lewat panel yang tersedia dan pilihan port memory card dan USB untuk memasukkan file. Untuk preview dokumen, Anda dapat mengandalkan layar LCD 2,7 inch yang terletak pada panel depan.

14. Canon PIXMA G670

Canon PIXMA G670 adalah printer nirkabel all-in-one yang dirancang khusus untuk pencetakan foto dengan volume tinggi dan kualitas tinggi. Sama halnya dengan Epson L850, printer ini mendukung 6 warna dengan kecepatan cetak 3.9 ipm. 

Printer ini mendukung berbagai ukuran cetak, dari 4R hingga A4, bahkan hingga banner sepanjang 1,2 meter, melayani berbagai kebutuhan pencetakan. 

Printer ini juga menawarkan kemampuan pencetakan mobile dan cloud untuk mencetak dari smartphone, tablet, laptop, dan penyimpanan cloud menggunakan aplikasi gratis Canon.

15. HP Smart Tank 615 Wi-Fi All-in-One Printer

Terakhir, ada HP Smart Tank 615 all-in-one (scan, copy, print, fax) yang dirancang khusus untuk pencetakan berwarna dengan volume tinggi. Kecepatan cetak HP Smart Tank 615 tergolong standar, 11 ppm untuk hitam serta 5 ppm untuk warna. 

Printer HP Smart Tank 615 sudah di-support fitur Automatic Document Feeder (ADF) untuk pengelolaan dokumen multi-halaman, mempercepat proses pemindaian, penyalinan, dan pengiriman faks. 

Fitur lain seperti konektivitas USB 2.0 Hi-Speed dan Wi-Fi dapat Anda gunakan untuk pencetakan nirkabel yang mudah dari berbagai perangkat. 

Itulah berbagai rekomendasi printer ink tank dengan keunggulannya masing-masing yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika masih bingung menentukan pilihan, MCM menyediakan layanan jual mesin printer demi membantu Anda menemukan printer ink tank terbaik dari brand papan atas dunia, mulai dari HP, Epson, Canon, dan lainnya.