Satu dari sekian banyak masalah yang cukup umum pada mesin printer adalah tinta printer tidak keluar. Masalah ini bisa menghambat aktivitas dan produktivitas Anda sehari-hari. Khususnya jika Anda sedang terburu-buru hendak mencetak sebuah dokumen. 

Agar tidak berlarut, MCM akan membahas dengan lengkap apa saja penyebab tinta printer tidak bisa keluar, cara mengatasi, sampai tips pencegahannya. 

Penyebab Tinta Printer Tidak Keluar 

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa tinta tidak keluar dari printer:

1. Isi Tinta Printer Habis

Salah satu penyebab paling umum adalah tinta dalam printer sudah habis dan perlu diisi ulang. 

2. Sumbatan atau Terdapat Rongga Udara pada Head Cartridge

Sumbatan pada head cartridge dapat menghambat aliran tinta. Rongga udara dalam cartridge tinta juga bisa menjadi penyebab.

3. Penggunaan Jenis Tinta yang Tidak Sesuai

Menggunakan tinta yang tidak sesuai dengan spesifikasi printer dapat menyebabkan masalah penyumbatan. Di samping itu pula, jenis tinta yang tidak pas dengan printer dapat memengaruhi kualitas cetak. 

4. Cartridge Bermasalah

Masalah pada cartridge seperti kerusakan atau keausan dapat menghambat keluarnya tinta. Cara mengatasi tinta printer yang tidak keluar untuk masalah ini yaitu mengganti cartridge dengan unit baru. 

5. Masalah di Selang Infus Tinta

Jika printer yang Anda pakai merupakan printer ink tank dan menggunakan sistem infus, masalah yang kemungkinan muncul adalah selang yang terhambat. Kondisi ini bisa menyumbat aliran tinta printer meski sudah diisi.

6. Driver Printer Bermasalah

Masalah pada driver printer yang belum terinstall dengan benar atau bermasalah juga bisa menjadi penyebab.

Cara Penanganan Tinta Printer Macet

Cara mengatasi tinta printer tidak keluar sangatlah beragam, tergantung pada penyebabnya. Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu seperti apa akar masalah dari mesin printer terlebih dahulu. 

Contoh, jika tinta printer tidak keluar dikarenakan oleh sumbatan pada cartridge, maka ada baiknya Anda melakukan membersihkan cartridge secara manual untuk menghilangkan tinta dari nozzle. 

Lain halnya jika penyebab adalah tinta yang sudah habis. Cara yang dapat Anda lakukan adalah segera isi ulang catridge printer. Isi cartridge hanya dengan tinta yang kompatibel atau sesuai dengan jenis printer. 

Khusus untuk printer dengan selang infus seperti printer ink tank, printer tersebut tidak memiliki cartridge. Yang ada hanyalah saluran untuk tinta mengalir ke print head.  Sebaiknya, segera periksa kondisi dari saluran tinta tersebut apakah terdapat sumbatan atau tidak.

Tips Mencegah Tinta Macet Atau Tidak Keluar 

Mungkin terdengar sepele, namun salah satu pencegahan mesin printer agar tidak mengalami tinta macet adalah dengan sering-sering menggunakan mesin. Dengan sering menggunakan mesin printer secara berkala, maka tinta dalam carriage bisa saja menjadi kering dan pada akhirnya menyumbat. 

Selanjutnya, ada beberapa cara lain agar tinta printer dapat mengalir dengan lancar ketika melakukan pencetakan:

  1. Rutin bersihkan cartridge printer, khususnya apabila hasil cetakan sudah tidak lagi terlihat jelas 
  2. Isi ulang tinta dan jangan menunggu tinta benar-benar habis sebelum menggantinya. Cartridge yang hampir kosong dapat menyebabkan udara masuk dan menyumbat nozzle.
  3. Selalu matikan printer menggunakan tombol power pada printer, bukan dengan memutus aliran listrik. Sehingga printer dapat menutup nozzle dengan benar untuk mencegah tinta mengering di dalamnya.
  4. Jika printer Anda memiliki fungsi head cleaning, gunakan secara berkala untuk membersihkan kepala cetak dan mencegah penyumbatan.
  5. Jagalah kelembapan ruangan tempat menyimpan printer. Tinta dapat mengering lebih cepat dan menyumbat cartridge atau nozzle.

Apabila masalah tinta printer tidak keluar masih berkelanjutan, maka mungkin sudah saatnya printer diperbaiki. MCM menyediakan layanan service printer dengan tenaga ahli yang siap membantu Anda.

Pengalaman 15 tahun sebagai distributor mesin printer dan fotocopy beserta suku cadang menjadikan MCM partner service printer terbaik untuk Anda.