Mengisi tinta mesin fotocopy perlu dilakukan secara hati-hati. Sebab bila tidak, Anda justru dapat merusak mesin. Bahkan, pengisian yang kurang tepat dapat menyebabkan kebocoran tinta dan mengotori area mesin. Lantas, bagaimana sih cara mengisi tinta mesin fotocopy? 

Mari simak panduan cara mengisi tinta fotocopy di bawah ini! 

Cara Mengisi Tinta Mesin Fotocopy

Tinta mesin fotocopy lebih familiar dengan istilah toner. Kualitas dan ketersediaan toner ini akan berpengaruh kepada kualitas cetak dokumen. 

Cara isi toner mesin fotocopy pun bisa sangat beragam tergantung pada jenis dan brand mesin fotocopy yang Anda miliki. Namun secara umum, prosedurnya tidak berbeda jauh dari satu mesin dengan yang lain. 

Inilah langkah-langkahnya:

1. Matikan Mesin Fotocopy

Sebelum memulai, pastikan mesin fotocopy sudah dimatikan dan kabel listrik terlepas. Hal ini untuk menghindari risiko tersetrum atau kerusakan pada mesin.

2. Buka Penutup Toner

Lokasi penutup toner bisa berbeda-beda tergantung pada model mesin fotocopy. Biasanya, penutup toner terletak di sisi atau bagian depan mesin.

3. Lepaskan Cartridge Toner Lama

Jika masih ada cartridge toner lama di dalam mesin, lepaskan dengan hati-hati. Pegang cartridge dengan stabil dan tarik keluar dari mesin.

4. Bersihkan Area Toner

Gunakan kain lembut atau tisu bersih untuk membersihkan area sekitar slot toner. Pastikan tidak ada debu atau residu toner yang tersisa di area tersebut. 

5. Siapkan Cartridge Toner Baru

Keluarkan cartridge toner baru dari kemasannya. Beberapa toner memerlukan perlu digoyangkan secara perlahan untuk mendistribusikan toner secara merata sebelum dipasang.

6. Pasang Cartridge Toner Baru

Masukkan cartridge toner baru ke dalam slot dengan teliti dan presisi. Pastikan terpasang dengan benar dan terkunci pada tempatnya. Setelah cartridge toner baru terpasang, tutup kembali penutup toner.

7. Nyalakan Mesin Fotocopy

Colokkan kembali kabel listrik dan nyalakan mesin fotocopy. Lakukan tes cetak untuk memastikan toner terpasang benar dan mesin bekerja dengan baik.

Tips Mengisi dan Memilih Tinta Printer 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kualitas toner akan sangat berpengaruh pada hasil cetak mesin fotocopy. Ikuti beberapa tips seputar toner mesin fotocopy untuk menjaga kualitas cetak mesin Anda: 

1. Selalu Utamakan Kualitas 

Pilih tinta atau toner berkualitas tinggi untuk memastikan hasil cetak yang tajam dan tahan lama. Tinta berkualitas rendah bisa menyebabkan masalah seperti cetakan pudar atau bahkan merusak mesin.

2. Volume Cetak

Pertimbangkan volume cetak Anda. Jika Anda mencetak dalam jumlah besar secara rutin, lebih baik untuk membeli toner dengan kapasitas cetak yang lebih tinggi agar menghemat biaya.

3. Jangan Tergiur Barang Murah

Harga memang poin yang sangat penting. Namun, sebaiknya janganlah mengorbankan kualitas untuk harga yang lebih murah. Toner berkualitas rendah bisa mengakibatkan biaya perawatan yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Sekian ulasan singkat tentang cara mengisi tinta mesin fotocopy. Ingat, selalu lakukan pemeliharaan berkala untuk memastikan kinerja mesin fotocopy selalu optimal dan tahan lama. Selalu utamakan kualitas agar mesin selalu awet. 

MCM menyediakan berbagai kebutuhan seputar mesin fotocopy, mulai dari suku cadang sampai toner atau tinta mesin fotocopy. Anda tidak perlu meragukan kualitas MCM. Sebab, MCM sudah berpengalaman selama 15 tahun sebagai distributor mesin fotocopy berkualitas dari berbagai brand di Indonesia.