Menyalin satu atau dua halaman dokumen bisa Anda tuntaskan secara cepat dengan meng-copy nya secara manual pada mesin fotocopy. Namun bagaimana jika Anda memiliki dokumen dengan puluhan bahkan ratusan halaman untuk disalin?

Menggunakan metode fotocopy manual untuk menyalin ratusan halaman dokumen tentu bisa sangat memakan waktu. Maka untuk membuat pekerjaan tersebut lebih mudah, Anda membutuhkan sebuah fitur mesin fotocopy yang bernama automatic document feeder.

Pahami lebih dalam mengenai apa itu fitur automatic document feeder pada mesin fotocopy, cara kerjanya, dan keuntungan yang ditawarkan untuk kegiatan printing dan fotocopy kantor Anda lewat pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Automatic Document Feeder?

Automatic document feeder (ADF) adalah sebuah fitur atau bagian pada mesin fotocopy, printer, atau scanner yang berguna untuk memasukkan beberapa lembar dokumen secara otomatis ke mesin fotocopy untuk kemudian dicetak, disalin, maupun dipindai (scan). Biasanya, fitur ini dimiliki oleh mesin fotocopy multifungsi atau allinone printer untuk membuat proses printing dan fotocopy menjadi lebih efisien.

Sebagai perbandingan, menyalin satu lembar dokumen secara manual pada mesin fotocopy bisa memakan waktu hingga 30 detik. Sedangkan dengan bantuan fitur ADF, Anda dapat menyalin 200 lembar dokumen hanya dengan waktu 1 menit.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Automatic Document Feeder?

Secara mekanis, ADF pada mesin fotocopy atau printer beroperasi dengan cara mengantarkan setiap lembar kertas dokumen menggunakan roller masuk menuju mesin fotocopy.

Semakin canggih teknologi dari fitur automatif document feeder, maka proses yang dibutuhkan untuk memproses dokumen pun akan lebih singkat. Salah satu jenis ADF yang dikenal dengan reversing automatic document feeder (RADF) bahkan bisa membantu Anda untuk menyalin dua sisi dokumen sekaligus dengan cara membalikkan dokumen Anda untuk kemudian dipindai sisi sebaliknya.

Terdapat juga jenis ADF dengan teknologi dualscan yang memiliki dua sisi scan untuk menyalin dua sisi dokumen sekaligus sehingga dapat mempersingkat waktu printing Anda hingga 70%.

Keuntungan Memiliki Mesin Fotocopy dengan Fitur ADF

Selain tentunya dapat meningkatkan efisensi proses printing dan fotocopy, memiliki mesin fotocopy dengan fitur automatic document feeder dapat memberikan banyak keuntungan untuk kegiatan operasional kantor Anda.

Sebagai contoh, fitur automatic document feeder akan sangat membantu jika kantor atau perusahaan Anda sedang melakukan digitalisasi dokumen. Mendigitalisasi dokumen perusahaan yang jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu halaman bisa memakan waktu yang sangat lama, bahkan hampir mustahil jika dilakukan dengan metode manual.

Namun dengan adanya fitur ADF, Anda hanya perlu memasukkan dokumen pada ADF dan menunggu hasil scan selesai tanpa harus memasukkannya satu per satu.

Itu dia pembahasan singkat mengenai fitur automatic document feeder pada mesin fotocopy beserta penjelasan cara kerjanya.

Jika Anda sedang mencari solusi mesin fotocopy untuk kantor atau usaha Anda, MCM solusinya! MCM menyediakan berbagai solusi seputar mesin fotocopy dan printer termasuk sewa mesin fotocopy, penjualan mesin fotocopy, service mesin fotocopy, dan penyedian spare part untuk mesin fotocopy dan printer dengan berbagai merek ternama.