Kenali Bagian-Bagian Mesin Fotocopy Beserta Fungsinya!

bagian bagian mesin fotocopy

Daftar Isi

    Mesin fotocopy adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk kebutuhan operasional kantor. Mesin ini memungkinkan kita untuk menyalin dokumen secara cepat dan efisien.

    Namun meskipun sebagian besar orang sudah sangat familiar dengan mesin fotocopy, masih banyak orang yang belum mengetahui bagian-bagian dan cara kerja mesin fotocopy. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai bagian-bagian dari mesin fotocopy dan bagaimana masing bagian tersebut berkontribusi dalam membuat salinan dokumen yang berkualitas.

    1. Drum Fotoreseptor

    Drum fotoreseptor merupakan salah satu bagian paling penting dari mesin fotocopy. Sederhananya, drum pada mesin fotocopy adalah sebuah roller logam yang dilapisi oleh material fotokonduktif (seperti selenium, germanium, atau silikon).

    Dengan lapisan tersebut, drum mesin fotocopy dapat menghantarkan aliran listrik jika terkena cahaya sehingga bagian ini berfungsi untuk memantulkan proyeksi bayangan dokumen asli menuju kertas salinan.

    2. Kabel Korona

    kabel korona

    Agar dapat bekerja, mesin fotocopy membutuhkan muatan postif pada permukaan drum dan kertas salinan. Hal tersebut dimungkinkan dengan keberadaan kabel korona. Kabel ini nantinya akan dikenakan tegangan tinggi, yang kemudian ditransfer ke drum dan kertas dalam bentuk listrik statis.

    Dalam mesin fotocopy, kabel korona diletakkan sejajar dengan permukaan drum dan akan mengisi permukaan fotokonduktif dengan ion positif, dan kabel lainnya diposisikan untuk melapisi permukaan kertas saat kertas melesat menuju drum.

    3. Lampu dan Lensa

    Lampu pada mesin fotocopy terletak tepat di bawah kaca yang Anda gunakan untuk menaruh dokumen asli. Lampu yang biasanya berwarna hijau atau biru ini berperan untuk memasok cahaya ke dokumen asli sehingga cahaya tersebut memantul ke lensa yang berada di dalam mesin focotopy dan memproyeksikan gambar dokumen tersebut pada drum.

    4. Toner

    Toner adalah bubuk plastik halus bermuatan negatif yang bertugas seperti tinta pada kertas. Warna pada toner berasal dari pigmen yang dicampur dengan partikel plastik saat pembuatan toner.

    Saat mesin fotocopy bekerja, toner yang sensitif terhadap listrik statis akan berpindah ke drum fotoreseptor dan menjadi tinta ketika terkena panas lalu menempel di kertas salinan.

    5. Fuser

    Fuser merupakan bagian mesin fotocopy berbentuk rol yang berperan untuk membuat toner menempel secara permanen pada kertas salinan. Agar toner dapat menempel dengan baik, selembar kertas akan dikirim menuju fuser yang terdiri dua rol.

    Kemudian, rol tersebut akan menekan halaman dengan lembut untuk menempelkan toner pada kertas. Saat kertas berasa di dalam fuser, lampu akan menyala dan menghasilkan panas yang cukup untuk melelehkan toner.

    6. Automatic Document Feeder

    Automatic Document Feeder (ADF) adalah sebuah perangkat yang terpasang pada mesin fotocopy yang memungkinkan mesin Anda menyalin atau mencetak beberapa halaman terus-menerus secara otomatis. Automatic Document Feeder akan menyimpan setumpuk kertas dan mengumpankannya satu per satu ke dalam mesin fotocopy sehingga Anda meletakkan dokumen Anda halaman demi halaman secara manual.

    Adanya fitur ini pada mesin fotocopy tentunya akan mempercepat proses penyalinan dokumen Anda secara signifikan.

    Sekarang Anda telah memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai apa saja bagian-bagian penting dari mesin fotocopy beserta masing-masing kegunannya.

    Jika Anda sedang mencari solusi mesin fotocopy untuk kantor atau usaha Anda, MCM solusinya! Kami menyediakan berbagai solusi seputar mesin fotocopy dan printer termasuk penyewaan, penjualan, perawatan, dan penyedian spare part untuk mesin fotocopy dan printer dengan berbagai merek ternama.