Sebuah printer tidak akan mampu mencetak dengan baik tanpa adanya tinta yang cukup. Jangan sampai tinta benar-benar habis total karena akan menghambat pekerjaan. Anda pun harus jeli untuk mengenali tanda tinta printer habis. 

Cara mengetahui tinta printer habis sebenarnya sangatlah mudah jika Anda menggunakan printer ink tank. Sebab, printer ink tank memiliki tangki tinta yang biasanya memiliki sisi transparan. Di mana sisi transparan ini dapat menampilkan kapasitas tinta yang tersisa. 

Namun demikian, khusus untuk printer laser dan printer inkjet, sisa tinta tidak bisa dipantau dengan mudah seperti printer ink tank. Sebab, tinta yang disimpan dalam cartridge di dalam mesin tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Jangan khawatir. MCM akan mengulas mulai dari tanda sampai bagaimana cara mengetahui tinta printer habis di bawah ini! 

Tanda Tinta Printer Habis 

Di bawah ini adalah beberapa tanda tinta printer yang habis atau berada pada level rendah: 

1. Notifikasi 

Tipe printer modern terkin banyak yang sudah dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi tingkat tinta dalam cartridge. Begitu tinta mulai berada di tingkat yang rendah, mesin akan menampilkan notifikasi pada layar kecil di mesin printer. 

2. Kualitas Cetak Menurun

Seringkali dokumen atau gambar yang dicetak dari mesin printer tidak sejelas biasanya atau warnanya tampak memudar. Kondisi ini menjadi indikasi tinta printer hampir habis.

3. Garis atau Bercak

Munculnya garis-garis atau bercak pada cetakan juga bisa menandakan bahwa tinta sedang menipis. Garis atau bercak pada dokumen hasil printer bisa muncul karena printer tidak dapat mengeluarkan tinta dengan konsistensi yang tepat.

4. Warna Tidak Akurat

Jika warna pada cetakan Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan, bisa jadi disebabkan oleh salah satu cartridge tinta hampir habis. Contohnya, warna merah yang seharusnya terang dan menyala justru menjadi tampak lebih pucat atau berubah menjadi merah muda. 

5. Cetakan Tidak Lengkap

Dalam kasus yang lebih parah, printer mungkin tidak dapat mencetak seluruh dokumen atau gambar. Akan ada bagian dari halaman yang mungkin kosong atau tidak tercetak sama sekali.

6. Cek Keterangan di Komputer 

Selain melihat tanda-tanda yang ditunjukkan di atas, Anda dapat melihat sisa tinta menggunakan sistem komputer. 

Hanya saja, Anda perlu mengakses pengaturan tertentu untuk melihat keterangan ini. Setiap pengaturan pun berbeda-beda tergantung dari jenis printer dan sistem operasi yang Anda gunakan. 

Untuk Anda yang menggunakan komputer berbasis Windows, Anda dapat melakukan: 

  1. Buka “Control Panel” melalui menu Start atau dengan mencarinya di kotak pencarian.
  2. Pilih Devices and Printers, lalu klik printer Anda
  3. Dari menu yang muncul,  akan muncul opsi “Printer Properties” atau “Properties”
  4. Dalam  bagian “Properties”, umumnya akan muncul tab yang menunjukkan level tinta atau pemeliharaan printer. Tab ini bisa berbeda-beda nama tergantung pada printer, seperti “Maintenance”, “Utility”, atau “Ink Levels”.

Sedangkan pengguna MacOS dapat melihatnya dengan cara: 

  1. Buka System Preferences
  2. Klik “Printers & Scanners”
  3. Dalam daftar printer, klik pada printer yang ingin Anda periksa.
  4. Informasi mengenai level tinta akan muncul. Bila tidak, Anda mungkin perlu mengklik “Options & Supplies” untuk informasi lebih lanjut.

Selanjutnya, Anda dapat mengakses software yang disediakan oleh produsen printer. Software tersebut memang sengaja disediakan oleh produsen printer dan dapat di-install di komputer untuk memberikan informasi detail tentang status printer sampai level tinta. 

Tanda tinta printer habis tidak boleh diabaikan begitu saja. Segera isi tinta dengan tipe yang sesuai dengan printer Anda supaya printer bisa bekerja secara optimal. MCM siap membantu Anda untuk menemukan berbagai macam spare part printer seperti tinta atau toner dari berbagai brand ternama dengan kualitas unggulan.