Di samping hasil fotocopy terlalu hitam, masalah lain yang sering dijumpai pada hasil cetakan dari mesin fotocopy ialah pinggiran yang berbayang seperti terdapat noda hitam. Hasil fotocopy hitam di pinggir bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda mampu memahami penyebab dan cara mengatasinya. 

Berikut MCM akan menjelaskannya secara terperinci untuk Anda! 

Faktor Kertas Hasil Fotocopy Menghitam di Pinggir 

Hasil fotocopy yang hitam di pinggir bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Kotoran atau Debu pada Kaca 

Kotoran atau debu yang menempel pada kaca mesin fotocopy tempat Anda meletakkan dokumen untuk disalin dapat mengakibatkan munculnya bayangan atau noda hitam pada hasil fotocopy. Rawat mesin fotocopy dengan teratur guna mencegah debu dan kotoran mengotori kaca. 

2. Roller Pemakan Kertas Kotor atau Rusak

Roller berguna untuk menarik kertas ke dalam mesin fotocopy. Kerusakan roller akan menyebabkan toner tidak bisa terdistribusi dengan merata di kertas dan menciptakan garis atau noda hitam di pinggir kertas.

3. Masalah dengan Toner

Selain itu, toner yang berlebihan atau tidak merata dalam cartridge bisa menyebabkan penumpukan tinta, lalu kemudian membentuk noda hitam di pinggiran hasil fotocopy. 

4. Penempatan Kertas yang Tidak Tepat

Kertas yang tidak dimasukkan dengan benar juga bisa menjadi penyebab selanjutnya. Sebab, kertas masuk ke dalam mesin saat proses penyalinan dengan kurang presisi, lalu pada akhirnya menyebabkan noda hitam.

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy dengan Pinggiran Menghitam

Agar tidak kembali terulang, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyiasati pinggiran mesin fotocopy dengan bayangan hitam. Antara lain yaitu: 

1. Bersihkan Kaca 

Kotoran atau debu pada kaca bisa menyebabkan bayangan atau noda hitam. Maka dari itu, bersihkanlah kaca dengan teratur. 

Selalu matikan mesin fotocopy terlebih dahulu sebelum membersihkan kaca. Kemudian, gunakan kain lembut yang sedikit lembab untuk membersihkan kaca dengan hati-hati.

2. Periksa Level Toner

Cobalah untuk memeriksa kapasitas toner fotocopy, apakah terlalu penuh atau tidak merata. Apabila toner dalam cartridge terlalu penuh atau tidak merata, lama-lama akan menyebabkan penumpukan tinta di pinggir kertas. 

Anda dapat mengatasinya dengan cara mengguncang lembut cartridge toner untuk meratakan distribusi toner di dalam cartridge.

3. Cek Roller Feeder Kertas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, roller yang kotor atau rusak bisa menyebabkan distribusi tinta yang tidak merata. Bersihkan roller dengan kain lembut dan periksa apakah ada kerusakan. Ganti roller jika memang sudah aus atau rusak. 

4. Periksa Penempatan Kertas

Cara mengatasi hasil fotocopy hitam di pinggir yang terakhir, Anda sebaiknya memeriksa posisi kertas di dalam tray. Letakkan kertas dengan benar dan rata, karena penempatan kertas yang tidak tepat bisa menyebabkan pinggiran kertas muncul noda hitam. 

Itulah penjelasan tentang penyebab serta cara mengatasi hasil fotocopy hitam di pinggir. Perlu dicatat, mesin fotocopy wajib dirawat dengan rutin dan hati-hati agar performanya selalu prima dan terhindar dari masalah teknis yang menghambat kinerja Anda. 

MCM menyediakan layanan maintenance mesin fotocopy untuk membantu Anda. Dengan mempercayakan mesin fotocopy Anda kepada teknisi profesional dari MCM, mesin fotocopy Anda dapat bekerja secara prima dari waktu ke waktu. MCM juga turut menyediakan spare part mesin fotocopy dari berbagai brand mesin fotocopy papan atas dengan kualitas unggulan.