Mesin fotocopy yang rusak ketika sedang butuh digunakan tentunya merupakan hal yang sangat menyebalkan dan dapat mengurangi produktivitas operasional kantor Anda.

Namun meskipun beberapa kerusakan pada mesin fotokopi adalah hal yang tidak terelekan, merawat mesin fotocopy Anda secara rutin dapat mengurangi kemungkinan terjadinya malfungsi atau kerusakan pada mesin fotocopy Anda.

Maka dari itu, mengetahui bagaimana cara merawat mesin focotopy Anda menjadi hal yang sangat penting. Artikel ini akan mengulas beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin fotocopy Anda agar tetap awet.

1. Membaca buku panduan manual

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam merawat mesin fotocopy adalah membaca buku manual dari mesin fotocopy Anda. Langkah ini penting karena setiap model mesin fotocopy mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengoperasikannya.

Dengan membaca buku manual, Anda dapat mengetahui cara menggunakan mesin fotocopy Anda dengan benar, sehingga kerusakan akibat kesalahan pemakaian dapat diihindari.

2. Matikan mesin fotocopy saat tidak digunakan

Ketika mesin fotocopy sudah tidak digunakan saat selepas jam kantor atau hari libur, matikanlah mesin fotocopy Anda. Mesin fotocopy yang menyala, meskipun dalam mode ‘sleep’, akan tetap memakan tenaga dan dapat mengurangi masa pakai mesin fotocopy Anda.

Dengan mematikan mesin fotocopy selagi tidak digunakan, Anda dapat mempertahankan masa pakai mesin fotocopy Anda lebih lama, dan tentunya juga mengurangi tagihan listrik kantor Anda.

3. Biarkan mesin memanas sebelum digunakan

Saat dinyalakan kembali, mesin fotocopy Anda akan membutuhkan beberapa waktu untuk memanas dan melakukan kalibrasi, sebelum dapat digunakan. Maka dari itu, tunggu lah beberapa saat sampai mesin fotocopy Anda siap untuk berjalan.

4. Mengelap kaca mesin fotocopy

Kaca mesin fotocopy menjadi salah satu bagian yang paling penting untuk Anda bersihkan secara rutin. Ketika sudah sering digunakan, mungkin saja kaca mesin fotocopy Anda akan didapati debu atau kotoran lainnya yang jika tidak dibersihkan akan membuat hasil salinan Anda menjadi buram.

Untuk itu, bersihkanlah kaca mesin fotocopy Anda menggunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih kaca setidaknya satu minggu sekali.

5. Bersihkan bagian dalam mesin

Selain kaca, bagian dalam mesin fotocopy Anda juga perlu rutin dibersihkan agar terhindar dari debu yang bisa membuat mesin fotocopy Anda macet. Gunakanlah kain kering atau spon untuk membersihkan debu pada bagian-bagian mesin fotocopy. Anda juga bisa menggunakan semprotan angin untuk membersihkan area yang sulit dijangkau.

6. Bersihkan drum

Drum adalah bagian mesin fotocopy yang berfungsi untuk menghantarkan toner menuju kertas. Pada bagian ini, sisa toner dapat menumpuk sehingga perlu untuk dibersihkan secara rutin.

Untuk membersihkan bagian drum, biasanya digunakan alat khusus yaitu mylar bar yang bisa dengan mudah Anda dapatkan secara online. Anda hanya perlu mengelap drum dengan mylar bar untuk membersihkan sisa toner.

7. Kosongkan pembuangan toner

Setelah beberapa lama digunakan, mesin fotocopy Anda mungkin akan menampilkan kode error yang menunjukkan pembuangan toner Anda sudah hampir penuh. Jika Anda tidak mengosongkan kontainer pembuangan toner ini, maka sisa toner dapat menempel ke salinan Anda atau bahkan menyumbat beberapa bagian mesin fotocopy.

8. Gunakan kertas kualitas tinggi

Menggunakan kertas dengan kualitas tinggi dapat mencegah tertinggalnya serpihan kertas dan debu dalam mesin fotocopy. Pastikan juga kertas yang Anda gunakan disimpan pada tempat yang kering dan jangan memasukkan kertas yang kotor atau basah ke dalam mesin fotocopy.

9. Meminta bantuan teknisi service mesin fotocopy

Meskipun langkah-langkah perawatan mesin fotocopy di atas dapat Anda lakukan sendiri, ada beberapa hal tertentu yang sebaiknya diserahkan kepada teknisi service berpengalaman. Teknisi service mesin fotocopy biasanya akan melakukan deepcleaning pada mesin fotocopy Anda serta melakukan pemeriksaan mendalam untuk memastikan tidak ada masalah yang dapat menyebabkan kerusakan kedepannya.

Jika Anda sedang mencari jasa service mesin fotocopy untuk kantor atau usaha Anda, MCM solusinya! MCM memiliki tim teknisi mesin fotocopy dan printer yang andal dan berpengalaman dalam melakukan pemeliharaan rutin dan perbaikan mesin fotocopy dari berbagai merek.