Mesin fotocopy Canon adalah salah satu jenis mesin fotocopy yang banyak digunakan di berbagai tempat, mulai dari kantor, sekolah, hingga toko kopi. Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, mesin fotocopy Canon juga dapat mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah kode error.

Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang beberapa kode error yang sering muncul pada mesin fotocopy Canon IR 3235, arti serta cara mengatasinya.

1. Kode Error E000

Kode error E000 pada mesin fotocopy Canon menunjukkan adanya masalah pada unit pemanas mesin. Kode ini sering muncul ketika mesin fotocopy Canon baru dinyalakan atau setelah mesin selesai digunakan dalam waktu yang lama.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mematikan mesin fotocopy dan kemudian menyalakannya kembali.

2. Kode Error E001

Kode error E001 pada mesin fotocopy Canon juga menunjukkan adanya masalah pada unit pemanas mesin, namun masalahnya lebih serius daripada kode error E000. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh suhu mesin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Untuk mengatasinya pun hampir serupa, matikan mesin fotocopy lalu nyalakan setelah beberapa menit.

3. Kode Error E514

Kode ini menunjukkan masalah pada motor mesin. Saat spacer dikembalikan ke posisi awal, sensor posisi awal belt tidak menyala dalam waktu 1,5 detik. Anda dapat mengganti motor mesin dengan yang baru.

4. Kode Error E602

Sementara kode ini menunjukkan ada error pada harddisk. Sebaiknya Anda langsung memanggil teknisi apabila kode ini muncul. Karena mengganti harddisk dengan tidak hati-hati bisa berakibat fatal.

5. Kode Error E197

Terjadi error pada bagian laser untuk pemindai. Anda dapat mengecek routing atau mengganti laser dengan suku cadang yang baru.

6. Kode Error E301

Pesan ini menunjukkan bahwa ada error pada data saat gambar sedang dimuat. Lakukan restart pada perangkat.

7. Kode Error E020

Jalur antara sub hopper tersumbat oleh toner. Sensor toner mendeteksi tidak adanya toner, sedangkan sensor toner sub hopper mendeteksi adanya toner. Segera ganti sensor toner atau ganti PCB kontrol DC.

Demikianlah beberapa kode error yang sering muncul pada mesin fotocopy Canon IR 3235, serta cara mengatasinya. Jika Anda mengalami masalah pada mesin fotocopy Canon Anda, sebaiknya segera mencoba melakukan langkah-langkah di atas untuk mengatasinya.

Namun, jika masalah masih muncul, segera memanggil teknisi untuk memperbaiki mesin fotocopy Canon Anda agar dapat berfungsi kembali dengan baik.

Tidak perlu bingung dalam mencari teknisi yang berpengalaman, karena MCM siap membantu Anda melalui jasa maintenance dan service mesin fotocopy dengan tim expert. MCM juga menyediakan suku cadang mesin fotocopy dari berbagai merk terkenal di dunia. Semua lengkap hanya di MCM!