Bagaikan bahan bakar bagi kendaraan, mesin fotocopy Anda tidak mungkin dapat berfungsi tanpa adanya toner. Namun sayangnya, masih banyak yang belum memahami apa itu toner dan fungsinya pada mesin fotocopy.

Padahal mengingat vitalnya mesin fotocopy untuk kegiatan Anda di kantor atau tempat kerja, mengetahui cara kerja toner pada mesin fotocopy dan tata penggunaannya menjadi sangat penting.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan membahas segala hal seputar toner pada mesin focotopy, mulai dari pemahaman mengenai apa itu toner hingga kapan harus menggantinya.

Apa Itu Toner pada Mesin Fotocopy?

Sederhananya, toner adalah bahan yang digunakan pada mesin fotokopi untuk menciptakan gambar atau teks pada kertas.

Berbeda dengan tinta, toner terdiri dari partikel-partikel halus yang terbuat dari pigmen dan bahan pengikat, seperti serbuk karbon dan resin. Pigmen pada toner berfungsi untuk menghasilkan warna, sedangkan resin atau partikel plastik berguna sebagai agen pengikat agar pigmen dapat melekat sempurna pada kertas.

Saat mesin fotokopi dioperasikan, toner pada toner cartridge akan dihantarkan pada drum foto sensitif di dalam mesin dan kemudian diaplikasikan pada kertas melalui proses pemanasan dan tekanan. Proses ini kemudian akan membuat toner meleleh menjadi tinta yang melekat pada kertas dan membentuk hasil cetak atau salinan dari dokumen Anda.

Waste Toner pada Mesin Fotocopy

waste container toner

Setelah menggunakan mesin fotokopi dalam waktu tertentu, Anda mungkin akan menemukan pesan error yang menyatakan bahwa waste container telah penuh. Wadah limbah toner berbeda dengan cartridge toner yang digunakan pada proses printing.

Tujuan khusus dari waste container pada mesin fotocopy adalah untuk menampung sisa-sisa residu toner pada drum. Di dalam mesin fotocopy terdapat sistem pembersih yang mirip dengan wiper kaca mobil dan berguna untuk mengikis sisa partikel bubuk toner ke dalam waste container.

Tanpa adanya waste container, bagian dalam mesin fotocopy akan dikotori dengan sisa sisa toner dari proses printing. Meskipun waste container dapat membantu menjaga kebersihan mesin fotocopy, namun disarankan bagi Anda untuk tetap membersihkan mesin setidaknya sekali dalam setahun.

Kapan Harus Mengganti Toner?

Proses dan waktu penggantian toner akan bergantung pada model dan merek mesin fotocopy yang Anda miliki. Sebagian model mesin fotocopy tidak membiarkan Anda untuk melepas dan mengganti cartridge tonernya sampai benar-benar kosong dan pintu ruang cartridge akan tetap terkunci.

Namun pada model mesin fotocopy lainnya akan memunculkan pemberitahuan jika toner yang tersisa tinggal sedikit. Pesan error ini biasanya muncul jika sisa toner di dalam cartridge sudah di bawah 25%. Namun sebetulnya, Anda tidak perlu mengganti cartridge toner sampai pesan error menyatakan bahwa toner di dalam cartridge sudah benar-benar habis.

Pada banyak model mesin fotokopi, pemberitahuan toner rendah atau pesan kesalahan mungkin muncul di layar. Pesan-pesan ini hadir hanya untuk memberi tahu pengguna ketika toner telah tersisa sekitar 25% di dalam cartridge. Pemberitahuan ini adalah alat yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri ketika cartridge habis di masa depan. Anda tidak perlu mengganti cartridge sampai pemberitahuan mengatakan bahwa cartridge sudah benar-benar kosong.

Kapan Harus Mengganti Waste Container?

Waste container pada mesin fotocopy perlu diganti ketika sudah dalam keadaan penuh. Sama halnya dengan cartridge toner, mesin fotocopy juga biasanya akan memunculkan pesan pemberitahuan jika sudah waktunya untuk mengganti waste container.

Setiap model dan merk mesin fotocopy juga memiliki mekanisme penggantian waste container yang berbeda-beda. Maka dari itu, pastikan untuk memahami terlebih dahulu cara penggantian waste container mesin fotocopy Anda lewat buku manual maupun website dari merk mesin fotocopy Anda.

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi toner pada mesin fotocopy serta tips kapan Anda perlu menggantinya.

Jika Anda sedang mencari solusi mesin fotocopy untuk kantor atau usaha Anda, MCM solusinya! MCM menyediakan berbagai solusi seputar mesin fotocopy dan printer termasuk sewa mesin fotocopy, penjualan mesin fotocopy, service mesin fotocopy, dan penyedian spare part untuk mesin fotocopy dan printer dengan berbagai merek ternama.