Mesin fotocopy yang digunakan terus menerus biasanya rentan untuk mengalami beberapa kerusakan atau masalah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar masalah tersebut sebetulnya memiliki solusi penyelesaian yang sederhana sehingga dapat Anda lakukan sendiri.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan mengenai sejumlah kerusakan yang paling umum atau sering terjadi pada mesin fotocopy serta cara memperbaikinya. Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas pembahasan tersebut.

1. Kertas Macet

Kertas yang macet mungkin menjadi masalah yang paling sering terjadi saat menggunakan mesin fotocopy. Masalah ini biasanya dialami pada saat proses menyalin (copying) berjalan.

Beberapa penyebab dari terjadinya kertas macet atau paper jam pada mesin fotocopy antara lain penggunaan ukuran atau jenis kertas yang tidak tepat, kesalahan saat memasukkan kertas ke dalam mesin fotocopy, atau debu yang menyumbat dalam mesin fotocopy.

Cara memperbaikinya

Untuk mengatasi kertas macet pada mesin fotocopy, Anda hanya perlu mengeluarkan kertas yang menyangkut dari mesin dan memasukkan kembali kertas dengan ukuran yang benar.

Namun, Anda perlu hati-hati dalam mengeluarkan kertas yang tersangkut, karena bisa saja kertas tersebut robek dan meninggalkan serpihan yang bisa membuat mesin fotocopy Anda kembali macet.

2. Kertas Terlipat atau Kusut

Hasil cetakan atau salinan yang terlipat atau kusut biasanya disebabkan karena bagian feeder atau fuser mesin fotocopy Anda yang sudah tidak bekerja secara optimal.

Cara memperbaikinya

Sebagai solusi sementara, Anda bisa mencoba untuk mengganti kertas ada di dalam feeder dengan yang baru. Namun, akan lebih baik jika Anda meminta bantuan teknisi untuk memeriksa kondisi feeder atau fuser mesin fotocopy Anda.

3. Terdapat Garis Pada Hasil Cetak

Munculnya garis hitam pada kertas hasil salinan tentu akan menimbulkan kesan kurang professional pada dokumen Anda. Umumnya, masalah ini dapat terjadi akibat adanya benda asing (selain kertas) pada kaca scanner atau juga kerusakan pada fuser.

Cara memperbaikinya

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba untuk membersihkan kaca scanner mesin fotocopy Anda. Namun jika masalah yang sama masih tetap muncul, minta lah bantuan teknisi mesin fotocopy untuk memeriksa letak kerusakan pada mesin fotocopy Anda.

4. Bintik Hitam pada Hasil Salinan

Selain garis atau bentuk goresan, masalah hasil salinan yang juga sering ditemui adalah kemunculan bintik-bintik hitam pada kertas. Kemungkinan besar, hal ini terjadi karena adanya debu pada bagian kaca scanner mesin fotocopy Anda.

Cara memperbaikinya

Solusi dari permasalan ini sebetulnya cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan bagian kaca scanner mesin fotocopy Anda. Hal ini bisa Anda lakukan secara rutin untuk mencegah masalah yang sama timbul kembali.

5. Masalah pada Cartridge dan Toner

Pelajari apa saja kerusakan yang paling sering terjadi pada mesin fotocopy serta cara sederhana untuk memperbaikinya lewat artikel ini!

Kerusakan atau masalah yang terjadi pada cartridge atau toner mesin fotocopy Anda dapat menyebabkan hasil cetak dokumen menjadi tidak maksimal, bahkan gagal.

Dalam hal ini, masalah yang paling sering muncul adalah ketidaksesuaian cartridge dan toner dengan model mesin fotocopy Anda. Selain itu, masalah juga bisa muncul karena toner yang tinggal sedikit atau bahkan kosong.

Cara memperbaikinya

Jika toner atau cartridge Anda tinggal sedikit atau habis, maka Anda hanya perlu mengisi ulang atau mengganti toner dengan yang baru.

Namun jika cartridge atau toner yang baru tetap tidak bisa digunakan, tanyakanlah kepada teknisi atau manufacturer mesin fotocopy Anda mengenai cartridge dan toner yang sesuai dengan model dan merk mesin fotocopy Anda.

6. Overheat

Mesin fotocopy yang mengalami overheat biasanya akan mati dengan sendirinya dan membutuhkan beberapa waktu hingga mendingin dan siap digunakan kembali.

Overheating pada mesin fotocopy bisa disebabkan karena berbagai macam hal, seperti meletakkannya di area sempit tanpa sirkulasi udara, penggunaan terus menerus tanpa jeda, atau juga karena usia mesin fotocopy yang sudah terlalu lama.

Cara memperbaikinya

Untuk menghindari mesin fotocopy Anda mengalami overheat, pastikan Anda meletakkan mesin fotocopy di tempat yang ber-AC atau memiliki sirkulasi udara.

Selain itu, hindari juga pemakaian terus menerus karena dapat membuat mesin fotocopy menjadi semakin panas. Biasanya, mesin fotocopy akan memunculkan peringatan pada display screen ketika mulai memanas.

7. Hasil Cetak Terlalu Gelap atau Terang

Hasil fotocopy yang kurang hitam atau terlalu gelap akan membuat dokumen Anda menjadi sulit untuk dibaca. Jika didapati hal tersebut, mungkin saja terjadi kesalahan pengaturan atau juga kualitas toner yang kurang baik.

Cara memperbaikinya

Hal pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah mengatur ulang pengaturan density pada mesin fotocopy Anda. Namun jika hasil cetak masih belum kembali normal, coba lah untuk mengganti toner Anda dengan yang baru.

Demikian informasi mengenai beberapa kerusakan yang paling sering muncul pada mesin fotocopy beserta cara memperbaikinya. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kerusakan pada mesin fotocopy Anda, MCM siap membantu!

MCM menyediakan jasa service mesin fotocopy dengan tim teknisi mesin fotocopy dan printer yang andal dan berpengalaman dalam melakukan pemeliharaan rutin dan perbaikan mesin fotocopy dari berbagai merek.