Satu dari banyak masalah pada mesin fotocopy adalah hasil yang kurang tajam. Tentu saja masalah ini membuat dokumen jadi sulit dibaca.

Ternyata, ada beberapa penyebab mengapa hasil fotocopy kurang hitam. Simak ulasan di bawah ini untuk mempelajari apa saja penyebab hasil fotocopy kurang hitam dan cara menghindari masalah ini!

Kenapa Hasil Fotocopy Kurang Hitam?

Hasil fotocopy yang kurang hitam tentu merupakan hal yang sangat mengganggu. Gangguan seperti ini bisa membuat pelanggan jasa Anda kurang puas dengan layanan yang Anda berikan.

Secara umum, ada berbagai penyebab mengapa hasil fotokopi kurang jelas dan sulit terbaca. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kertas Kurang Cocok

Jenis kertas sangat beragam dan dibedakan dengan ketebalan, tekstur, dan ukuran.

Penggunaan kertas yang tidak sesuai ternyata bisa membuat hasil cetakan tidak tajam. Kertas dengan tekstur dan berat yang berbeda dapat menyebabkan tinta luntur, sehingga membuat hasil cetakan menjadi buram dan kabur.

Kertas yang terlalu berat atau tipis juga dapat menyebabkan macet saat proses penyalinan dokumen.

2. Pengaturan Mesin Tidak Optimal

Setiap jenis mesin fotocopy mempunyai pengaturan yang berbeda untuk setiap ukuran kertas yang digunakan.

Bisa jadi, masalah hasil fotocopy kurang hitam yang Anda alami disebabkan oleh pengaturan mesin yang tidak sesuai atau optimal.

Sehingga tulisan pada kertas pun sulit terbaca dan garis samar akan muncul pada salinan dokumen hasil mesin fotocopy. Anda dapat menyesuaikan pengaturan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini.

3. Permukaan Dokumen dan Mesin Kotor 

Debu, pasir, atau benda asing kecil seperti staples pada kertas bisa menyebabkan hasil copian kurang bagus. Sebelum Anda mulai melakukan salinan, sebaiknya bersihkan dokumen terlebih dahulu dari pasir atau debu. Copot staples pada kertas supaya tidak membekas di hasil fotocopy. Barulah setelahnya Anda dapat menyatukan kembali dokumen asli menggunakan staples setelah semua selesai disalin. 

Perlu diingat bahwa hasil cetakan juga cenderung kurang bagus apabila permukaan kaca yang digunakan untuk menyalin dokumen kotor. Anda diharuskan membersihkan permukaan kaca tersebut secara rutin. 

4. Drum Bermasalah

Drum adalah salah satu bagian mesin fotocopy yang berfungsi untuk “menumpahkan” toner ke kertas sesuai dengan bentuk gambar atau tulisan dari sebuah dokumen. Kalau drum pada mesin fotocopy Anda bermasalah, hasil cetakan mesin fotocopy akan kurang jelas dibaca atau buram. 

5. Cartridge Mesin Sudah Usang

Catridge yang sudah tua atau rusak dapat menyebabkan hasil salinan kurang bagus meski toner berada dalam keadaan penuh.

Disarankan bagi Anda untuk sering-sering memantau level toner pada indikator yang terdapat pada mesin serta mengganti cartridge mesin fotocopy setidaknya setahun sekali.

6. Toner Akan Habis

Tak hanya cartridge yang menjadi dalang di balik hasil fotocopy yang kurang hitam, biasanya masalah pada hasil cetakan juga dipengaruhi karena toner mesin fotocopy tinggal sedikit.

Di sisi lain, kualitas toner ikut memberi pengaruh terhadap hasil salinan. Anda diharapkan menggunakan toner dengan kualitas baik dan sesuai pada model mesin fotocopy yang digunakan.

Sebab, setiap model mesin fotocopy menggunakan toner yang berbeda-beda.

Bagaimana Cara Agar Hasil Salinan Mesin Fotocopy Tetap Terjaga Kualitasnya?

Mencegah hasil fotocopy kurang hitam sebenarnya mudah saja. Anda cukup melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Bersihkan mesin secara berkala. Jangan gunakan pembersih dengan amonia atau bahan abrasif yang dapat menggores kaca dan jangan pula menyemprotkan cairan pembersih langsung ke kaca karena bisa masuk dan merusak mesin. Sebagai gantinya, semprotkan cairan pembersih pada kain lembut dan lap permukaan mesin dengan hat-hati.
  2. Gunakan kertas yang sesuai dengan settingan mesin fotocopy.
  3. Isi ulang toner ketika hampir habis dan gunakan toner kualitas terbaik yang memang cocok dengan jenis mesin fotocopy.
  4. Ganti catridge mesin fotocopy secara berkala minimal setahun sekali.
  5. Lakukan pemeliharaan mesin secara rutin supaya kinerja mesin tetap terjaga.

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah seperti hasil fotocopy kurang hitam. Sebab MCM menyediakan layanan pemeliharaan atau service mesin fotocopy yang didukung dengan tim ahli di bidangnya.

Pengalaman selama 15 tahun membuat MCM tidak diragukan lagi dalam memberikan pelayanan maintenance mesin fotocopy dari berbagai brand terkemuka dunia.