Ingin memastikan mesin fotocopy Anda selalu berfungsi dengan baik dan membuat proses penyalinan dokumen jadi mudah? Atau baru saja membeli mesin fotocopy dan bingung bagaimana cara menggunakannya? Artikel ini dibuat untuk Anda!

Pada artikel, ini kami akan mengulas mengenai langkah sederhana dalam mengunakan mesin fotocopy untuk menyalin dokumen dengan hasil cetak yang maksimal, serta beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat mesin fotocopy Anda agar tetap awet.

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy: Panduan Lengkap dan Mudah

  1. Nyalakan mesin fotocopy dan biarkan mesin memanas terlebih dahulu.
  2. Pastikan jumlah kertas dengan ukuran yang benar mencukupi dalam drawer mesin fotocopy.
  3. Buka feeder untuk memastikan kaca mesin fotocopy bersih dari debu atau kotoran lainnya.
  4. Letakkan dokumen yang ingin Anda salin (menghadap ke bawah) pada kaca mesin fotocopy dengan posisi yang benar.
  5. Jika Anda menyalin lebih dari satu halaman, taruh semua dokumen yang ingin Anda salin pada Automatic Document Feeder (ADF) yang terletak di bagian atas mesin fotocopy.
  6. Setelah dokumen Anda sudah diletakkan di atas kaca mesin fotocopy, tutup feeder kembali.
  7. Periksa pengaturan warna, ukuran kertas, dan jumlah salinan pada display screen untuk memastikan semuanya sudah sesuai.
  8. Jika semua pengaturan sudah sesuai, tekan tombol ‘copy’ untuk mulai menyalin.
  9. Ambil hasil salinan yang sudah keluar dari mesin fotocopy dan pastikan hasilnya sudah seperti yang Anda inginkan.
  10. Jika hasil salinan sudah sesuai, ambil kembali dokumen asli Anda dari atas kaca mesin fotocopy.

Tips Menggunakan Mesin Fotocopy untuk Hasil Salinan Berkualitas

Setelah Anda mengetahui langkah dasar dalam menggunakan mesin fotocopy, baiknya Anda juga perlu memahami hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak baik dilakukan demi menjaga mesin fotocopy Anda berfungsi dengan baik. Berikut beberapa diantaranya.

Yang sebaiknya dilakukan

  1. Gunakan kertas yang sesuai. Setiap mesin fotocopy memiliki spesifikasi terkait ukuran dan ketebalan kertas yang bisa disalin. Jika ukuran atau ketebalan kertas tidak sesuai, maka hal ini mungkin saja akan menyebabkan mesin fotocopy Anda menjadi macet.
  2. Pastikan kaca mesin fotocopy Anda dalam kondisi bersih. Hal ini penting karena noda atau goresan pada kaca mesin fotocopy akan membuat hasil salinan Anda menjadi tidak maksimal.
  3. Gunakan surge protector. Alat ini berguna untuk melindungi mesin fotocopy Anda dari lonjakan listrik yang mungkin saja terjadi akibat dari korsleting, beban berlebih, bahkan sambaran petir.

Yang sebaiknya tidak dilakukan

  1. Meletakkan mesin fotokopi di tempat yang sempit atau area yang berantakan. Mesin fotocopy akan memanas ketika sedang bekerja. Ketika mesin fotocopy diletakkan di ruangan sempit tanpa ventilasi, maka mesin fotocopy Anda dapat mengalami overheat.
  2. Menyalin objek lain selain kertas. Mesin fotocopy secara khusus dirancang hanya untuk menyalin kertas. Jika Anda menaruh objek selain kertas dengan bobot yang lebih berat atau ukuran yang lebih besar, maka kaca mesin fotocopy Anda dapat retak bahkan pecah.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menggunakan mesin fotocopy yang benar serta beberapa tips dalam menggunakan mesin fotocopy agar tetap awet.

Jika Anda sedang mencari solusi mesin fotocopy untuk kantor atau usaha Anda, MCM solusinya! MCM menyediakan berbagai solusi seputar mesin fotocopy dan printer termasuk penyewaan, penjualan, perawatan, dan penyedian spare part untuk mesin fotocopy dan printer dengan berbagai merek ternama.