Pernahkah Anda hendak terburu-buru mencetak sebuah dokumen melalui mesin printer, kemudian muncul notifikasi “document waiting”? Notifikasi ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa printer mengalami penundaan pencetakan sampai periode yang tidak bisa ditentukan. Masalah tersebut bisa mengganggu pekerjaan dan rutinitas harian Anda.

MCM akan mengulas singkat tentang penyebab sampai cara menghilangkan “dokumen waiting” di printer. Simak penjelasan lengkapnya! 

Penyebab Document Waiting di Printer 

Terkadang, dokumen yang Anda coba cetak mengalami macet dalam antrian printer, dan printer terus memunculkan tanda “document waiting”. Munculnya kendala ini umumnya disebabkan karena dua faktor, yakni masalah dengan driver printer atau masalah dengan layanan spooler cetak.

1. Masalah Konektivitas Printer

Jika printer tidak terhubung dengan benar ke komputer, printer mungkin tidak dapat menerima pekerjaan cetak. Akhirnya antrian cetak printer menjadi terhambat.

2. Driver Printer Usang

Driver printer yang sudah tidak kompatibel dengan sistem operasi terbaru bisa menyebabkan  printer berhenti berfungsi dengan benar.

Cara Mengatasi Document Waiting 

Cara menghapus “dokumen waiting” di printer dapat dilakukan dengan berbagai metode, antara lain: 

1. Periksa Koneksi Printer

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi printer. Pastikan printer terhubung dengan benar ke komputer atau jaringan. 

Apabila Anda menggunakan printer nirkabel atau wireless, periksa apakah printer terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Anda. Koneksi yang tidak stabil atau salah dapat menyebabkan dokumen menunggu dalam antrian cetak.

2. Cek Antrian Cetak

Tanda “document waiting” bisa disebabkan oleh antrian cetak yang macet. Buka “Devices and Printers” pada kontrol panel Windows, klik kanan pada printer yang bersangkutan, dan pilih “See what’s printing”. Coba batalkan task cetak dan coba kirim ulang dokumen untuk dicetak.

3. Restart Printer dan Komputer

Menghidupkan ulang printer dan komputer dapat membantu mereset koneksi dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada perangkat lunak. Matikan printer, tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Lakukan hal yang sama dengan komputer Anda.

4. Perbarui atau Re-install Driver Printer

Driver printer yang usang atau rusak bisa menjadi penyebab masalah pencetakan. Kunjungi situs web produsen printer dan unduh driver terbaru untuk model printer Anda. Setelahnya, coba re-install driver untuk memastikan tidak ada file yang rusak.

5. Perbaiki Sistem Spooler Printer

Sistem spooler printer pada sistem operasi komputer Windows berfungsi untuk mengelola pekerjaan cetak yang dikirim ke printer. Masalah dengan spooler bisa menyebabkan pencetakan menjadi tersendat. 

Cobalah untuk menghentikan sementara sistem spooler printer dengan ketik “services.msc” pada menu Start, cari “Print Spooler”, klik kanan dan pilih “Stop”. 

Kemudian, segera buka Windows Explorer, arahkan ke bagian “C:\Windows\System32\spool\PRINTERS”. Hapus semua file di dalam folder tersebut. Kembali ke layanan spooler dan mulai ulang kembali.

6. Hubungi Dukungan Teknis

Bila langkah-langkah cara menghilangkan “dokumen waiting” di printer di atas tidak berhasil, ada kemungkinan besar printer Anda mengalami kerusakan yang lebih serius dengan printer Anda. Hubungi dukungan teknis produsen printer untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

MCM sebagai distributor resmi mesin printer di Indonesia siap membantu Anda lewat layanan maintenance mesin printer dan penyediaan spare part berkualitas unggul. Pengalaman selama 15 tahun membuat MCM dipercaya untuk menangani berbagai masalah mesin printer dari brand terkemuka, seperti Canon, HP, Brother, dan lain sebagainya.