Memilih printer baik untuk keperluan usaha maupun keperluan perkantoran bisa cukup membingungkan bagi sebagian orang. Sebab, ada berbagai jenis printer yang tersedia di pasaran dengan kegunaan dan teknologi yang berbeda.

Mari simak ulasan  jenis printer dan keunggulannya berikut ini supaya Anda tidak salah pilih! 

1. Printer Inkjet

Tipe printer yang pertama dan paling umum adalah printer inkjet. Printer ini menggunakan sebuah cartridge tinta untuk mencetak. Tinta disemprotkan melalui nozzle kecil di catridge. Kemudian cartridge akan yang bergerak bolak-balik di atas kertas saat mencetak. 

Printer inkjet memerlukan pemeliharaan rutin untuk mencegah penyumbatan nozzle tinta dan memastikan kualitas cetak yang konsisten.

Meski begitu, printer inkjet cukup populer untuk penggunaan di rumah dan kantor kecil karena harganya yang terjangkau tetapi memiliki kualitas cetak yang mumpuni. 

2. Printer Ink Tank

Jenis printer ink tank dilengkapi dengan tangki tinta terintegrasi dengan mesin printer dan dapat diisi ulang. Ketika tinta mulai habis, Anda tidak perlu mengganti cartridge. Cukup isi ulang tinta saja pada tangki yang tersedia. 

Printer ink tank umumnya mampu mencetak dokumen lebih banyak dibandingkan printer inkjet karena kapasitas penyimpanan tinta yang lebih besar. Sehingga, Anda tidak perlu bolak-balik mengisi ulang tinta.  

Penggunaan mesin printer ink tank sesuai untuk lingkungan yang memerlukan printing dokumen pada skala medium sampai tinggi, seperti kantor atau sekolah.

3. Printer Laser

Berbeda dengan printer inkjet dan ink tank yang menggunakan tinta cair, printer laser menggunakan toner. Yang dimaksud dengan toner yaitu sebuah serbuk halus dengan pigmentasi warna tertentu. Toner pada mesin printer laser tidak mengering atau menyumbat seperti tinta pada umumnya.

Printer laser pun dikenal dengan kecepatan cetaknya yang tinggi. Dengan daya tahan dan kualitasnya, tak heran bila printer laser lebih cocok digunakan dalam usaha fotocopy dan printing. 

4. Printer Multifungsi (All-in-One)

Seperti namanya, printer all-in-one atau multifungsi menggabungkan beberapa fungsi dalam satu perangkat. Fitur yang umum dimiliki printer multifungsi meliputi mencetak (print), memindai (scan), menyalin (copy). Beberapa unit mesin printer multifungsi sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengirim faks. 

Dengan kemampuannya yang serbaguna, printer all-in-one sangat praktis untuk berbagai kebutuhan perkantoran. Anda juga dapat menghemat ruang karena tidak perlu membeli mesin lain untuk kemampuan yang berbeda. 

5. Printer Dot Matrix

Printer lama yang menggunakan kepala cetak yang bergerak dan menekan pita tinta ke kertas. Biasanya digunakan untuk mencetak formulir multi-part atau dokumen yang membutuhkan salinan karbon.

Printer dot matrix menggunakan kepala cetak yang bergerak secara mekanis dan menekan pita tinta ke kertas untuk mencetak. Kepala cetak terdiri dari sejumlah pin kecil yang membentuk karakter dan gambar melalui kombinasi titik-titik.

Keunggulan utama dari printer dot matrix adalah kemampuannya untuk mencetak formulir multi-part. Keunggulan tersebut menjadikan printer dot matrix cenderung digunakan pembuatan faktur atau slip gaji. 

Akan tetapi, kualitas cetak dari printer dot matrix tidak sehalus printer inkjet atau laser. Printer dot matrix hanya bisa digunakan untuk kebutuhan cetak teks dasar dan grafik sederhana. Kualitas cetak ini seringkali cukup untuk dokumen administratif dan logistik.

6. Printer Thermal

Printer thermal bekerja dengan menggunakan elemen pemanas untuk mengaktifkan lapisan kimia pada kertas termal, yang berubah warna saat dipanaskan. Proses ini tidak memerlukan tinta atau toner, karena gambar atau teks dihasilkan langsung pada kertas khusus ini.

Penggunaan mesin printer thermal sering diperuntukkan dalam aplikasi yang memerlukan pencetakan cepat dan efisien, seperti struk kasir, label, tiket, dan tanda terima. Alhasil, printer thermal sangat populer digunakan pada sektor ritel, perbankan, perhotelan, dan transportasi.

7. Printer 3D

Printer 3D adalah teknologi inovatif yang memungkinkan pembuatan objek fisik tiga dimensi dari model digital. Dengan printer 3D, Anda dapat dengan cepat mengubah konsep menjadi prototipe fisik. Tak heran kini printer 3D sering dijumpai di berbagai industri. 

8. Printer Plotter

Printer plotter memegang memiliki peran khusus dalam dunia percetakan, terutama untuk desain grafis skala besar. Plotter adalah jenis printer yang dirancang khusus untuk mencetak gambar berukuran besar dengan detail yang tinggi, seperti peta, sketsa arsitektur, grafik, dan poster.

9. Printer DTG

Printer DTG (Direct to Garment) adalah jenis printer khusus yang dirancang untuk mencetak langsung pada kain dan pakaian. Printer tersebut mampu mencetak desain yang rumit dengan berbagai warna.  

Tinta khusus yang digunakan dalam printer DTG dirancang untuk menyerap ke dalam serat kain, sehingga menciptakan cetakan yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Demikianlah ulasan tentang macam-macam jenis printer. Apapun kebutuhan jenis printer Anda, konsultasikan bersama MCM! Terdapat berbagai macam printer dari brand ternama dengan kualitas terbaik. MCM sudah berpengalaman sebagai distributor mesin printer dan fotocopy di Indonesia. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga!