Usaha fotocopy menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Rasanya hampir semua orang membutuhkan layanan jasa yang satu ini. Akan tetapi, memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha bukanlah hal yang mudah khususnya bagi pemula yang baru saja merintis usaha.

Artikel berikut akan menjelaskan tips memilih mesin fotocopy untuk usaha teruntuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis fotocopy.

1. Pahami Skala Bisnis Anda

Aspek pertama yang harus Anda pahami adalah skala bisnis yang Anda akan buat. Apakah tempat fotocopy Anda tergolong cukup besar dengan perkiraan jumlah konsumen banyak, atau justru sebaliknya?

Semakin besar dan banyak konsumen Anda, berarti Anda perlu memilih mesin fotocopy yang memiliki volume serta kecepatan printing yang lebih besar. Kecepatan mesin fotocopy akan berpengaruh dengan output salinan yang dihasilkan. Biasanya kecepatan mesin fotocopy dinyatakan dalam satuan paper per minute.

2. Pelajari Fitur yang Dibutuhkan

Point berikutnya yang Anda perlu lakukan adalah memahami fitur yang Anda perlukan. Ada berbagai macam fitur mesin fotocopy yang cukup umum. Sebagai contoh: scan, print, sampai kirim langsung ke email dan editing.

Anda tidak perlu memiliki mesin fotocopy yang memiliki semua fitur. Pilih fitur yang benar-benar Anda butuhkan seperti scan dan printing hitam putih. Anda dapat menambah mesin fotocopy dengan teknologi terbaru seiring dengan usaha yang semakin berkembang.

3. Pastikan Perawatan Mudah

Mesin fotocopy membutuhkan perawatan yang rutin supaya mampu bekerja dengan baik. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan perawatan rutin untuk menjaga kualitas kinerja mesin. Itu sebabnya Anda perlu memahami seperti apa perawatan yang dibutuhkan. Khusus untuk pemula, Anda sebaiknya memilih mesin fotocopy yang perawatannya cenderung lebih mudah terlebih dahulu.

4. Cari Tahu Ketersediaan Suku Cadang

Tips memilih mesin fotocopy untuk usaha berikutnya adalah pahami apakah spare part mesin fotocopy tersebut mudah didapatkan atau tidak. Sebab, kemudahan untuk mendapatkan suku cadang akan mempengaruhi kinerja serta keawetan mesin Anda. Mesin fotocopy tidak mampu bekerja dengan baik jika suku cadangnya tidak diganti ketika rusak atau sudah usang.

5. Pertimbangkan untuk Membeli Atau Sewa

Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih ketika hendak membuka usaha jasa fotocopy, yakni membeli atau menyewa mesin. Keunggulan yang Anda akan dapatkan ketika membeli sebuah mesin adalah status kepemilikan. Mesin fotocopy akan menjadi hak pribadi Anda sepenuhnya, tetapi biaya yang Anda keluarkan di awal sangatlah besar.

Jika Anda memilih untuk menyewa mesin fotocopy, maka biaya yang dikeluarkan relatif lebih kecil dibandingkan membeli. Anda pun bisa dengan cepat mengganti mesin fotocopy tersebut apabila butuh mesin jenis lain yang lebih canggih di kemudian hari. Namun, Anda tidak bisa menjadikan mesin fotocopy yang disewa menjadi kepemilikan pribadi.

Agar lebih mudah dalam menentukan membeli atau menyewa mesin fotocopy, Anda juga sebaiknya menyesuaikan dengan budget yang dimiliki saat ini. Pilihlah untuk menyewa mesin fotocopy ketika budget Anda masih cukup terbatas.

6. Pilih Distributor Unggulan

Anda perlu memilih distributor yang terpercaya ketika memilih mesin fotocopy. Dengan membeli atau menyewa mesin fotocopy dari distributor terpercaya, Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan garansi serta pemeliharaan berkala untuk mesin fotocopy. Pelayanan yang diberikan oleh distributor unggulan pun pada umumnya jauh lebih berkualitas.

Itulah beberapa tips memilih mesin fotocopy untuk usaha. Mitra Copierindo Mandiri (MCM) siap membantu Anda dalam memilih mesin fotocopy. Cukup hubungi kontak layanan kami, MCM akan merekomendasikan jenis mesin apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan anggaran Anda.

Adapun merek mesin fotocopy papan atas yang MCM sediakan sangat beragam, mulai dari Canon, Kyocera, Ricoh, hingga Epson. Beberapa brand tersebut tentu sudah tak asing lagi di industri mesin fotocopy.

Pengalaman selama 15 tahun membuat MCM dipercaya berbagai macam industri. MCM juga sukses melayani pelanggan di seluruh di Indonesia dengan kualitas layanan jual dan sewa mesin fotocopy, pemeliharaan, sampai penyediaan suku cadang. Semua komplit hanya di MCM!