Usaha fotocopy merupakan salah satu jenis bisnis yang mampu meraup untung besar. Mayoritas pelanggan dari tempat fotokopi adalah mahasiswa dan pelajar. Namun, permintaan dari masyarakat umum pun tak kalah besar. Maka tak heran jika peluang usaha fotocopy menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

Pada ulasan kali ini, MCM akan membahas tentang peluang usaha fotocopy sampai tipsnya untuk Anda sebagai pemula.

Alasan Kenapa Bisnis Fotocopy Menjanjikan

Jika bisnis fotocopy dikelola dengan baik dan dipasarkan dengan benar, bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan yang stabil. Jasa fotocopy juga memiliki permintaan yang terus meningkat karena kebutuhan terhadap salinan dokumen atau karya tulis masih sangat tinggi, baik di kalangan bisnis, pendidikan, atau individu.

Dapat dikatakan bahwa jasa fotocopy cenderung akan selalu dicari oleh masyarakat selama masyarakat masih rutin menyalin dokumen mereka untuk berbagai keperluan. Dengan permintaan yang cukup stabil tersebut, tak heran apabila bisnis yang satu ini pun cukup menjanjikan.

Tips Menjalankan Usaha Fotocopy untuk Pemula

Banyak yang mengira jika bisnis fotocopy cukup sulit untuk dijalankan pertama kali. Padahal, anggapan tersebut jelas keliru. Berikut adalah beberapa tips untuk membuka bisnis tempat fotocopy yang sukses:

1. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis sangat penting dalam membuka bisnis. Anda sebaiknya memilih lokasi yang mudah dijangkau dan berada di dekat kampus, sekolah, perkantoran, atau tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi dan dilihat banyak orang. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk mengakses jasa yang ditawarkan.

2. Pilih Mesin Sesuai Kebutuhan

Untuk memulai usaha fotocopy, Anda tidak perlu langsung membeli atau menyewa mesin yang paling canggih. Sebaiknya sesuaikanlah dulu mesin pilihan dengan budget atau anggaran yang Anda miliki. Yang penting, mesin fotocopy Anda bisa bekerja dengan baik dan mempunyai fitur basic yakni mengopi sebuah dokumen.

Setelah bisnis cukup berkembang, barulah Anda dapat menambah mesin yang lebih canggih atau membeli mesin printer dan scanner untuk melengkapi layanan menggunakan keuntungan yang sudah terkumpul.

3. Tawarkan Berbagai Layanan

Selain layanan jasa fotocopy seperti biasa, jangan lupa untuk menyediakan layanan lain yang biasanya orang juga cari bila menggunakan jasa fotocopy seperti laminating kertas dan binding atau jilid buku. Sehingga pelanggan akan lebih tertarik dengan kelengkapan layanan yang Anda tawarkan.

4. Promosikan Bisnis Anda

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, promosikan bisnis Anda dengan menggunakan media sosial dan spanduk atau plang fotocopy yang jelas. Cara ini membuat bisnis Anda mudah dikenali oleh khalayak umum.

5. Buatlah Tempat yang Nyaman

Selain kelengkapan layanan, Anda juga perlu memberikan tempat tunggu yang nyaman untuk para pelanggan. Sediakan meja dan kursi serta jaga kondisi selalu bersih dan rapi. Otomatis pelanggan akan merasa nyaman selama menunggu dokumen miliknya selesai disalin. Secara tidak langsung, kondisi tempat usaha Anda akan mencerminkan kualitas pelayanan yang nantinya akan diberikan.

6. Sertakan Produk Lain

Di samping layanan yang beragam, aspek lain yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk menjual produk lain yang cukup umum ditemukan di tempat jasa fotocopy.

Contoh produk tersebut adalah pulpen, correction tape, kertas lipat, serta buku gambar. Biasanya, orang cenderung untuk membeli sekalian benda-benda tersebut ketika hendak menyalin dokumen di tempat jasa fotocopy. Hal tersebut cukup wajar mengingat pengguna jasa fotocopy kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa, anak sekolah, dan pekerja kantoran.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat membuka bisnis tempat fotokopi yang menguntungkan. Ingatlah untuk terus mengembangkan bisnis Anda dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru untuk meningkatkan layanan dan kualitas pekerjaan.

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih mesin fotocopy yang tepat untuk usaha, Anda tidak perlu panik. MCM menyediakan berbagai jenis mesin fotocopy yang cocok untuk pebisnis pemula.

Selain itu, MCM pun turut menyediakan jasa service mesin fotocopy dengan tim andal yang berpengalaman. Jadi, Anda sebagai pemula dalam usaha fotocopy tidak perlu bingung untuk mencari jasa perbaikan ketika mesin mengalami kendala.