Kertas macet pada mesin fotocopy atau biasa disebut paper jam sebetulnya merupakan salah satu masalah yang paling umum ditemukan. Cara memperbaikinya pun cukup mudah, dan seringkali Anda tidak perlu bantuan teknisi untuk memperbaikinya.

Namun tanpa mengetahui penyebab pastinya, masalah ini akan terus terjadi pada mesin fotocopy Anda. Tentunya, Anda tidak ingin untuk terus membuka mesin untuk mengambil kertas yang tersangkut setiap kali Anda perlu menyalin atau mencetak dokumen.

Ketahui berbagai penyebab umum dari kertas macet pada mesin fotocopy serta tips untuk menghindarinya lewat pembahasan di bawah ini.

Penyebab Umum Kertas Macet pada Mesin Fotocopy

Mungkin Anda mengira bahwa terjadinya paper jam pada mesin fotocopy Anda dikarenakan umur penggunaannya yang sudah panjang sehingga berbagai komponennya sudah mulai aus.

Namun sebetulnya, usia mesin bukan menjadi satu-satunya alasan penyebab munculnya masalah kertas macet. Bahkan, mesin fotocopy yang relatif baru pun dapat mengalami masalah ini. Berikut beberapa alasan umum yang sering menjadi penyebab terjadinya kertas macet pada mesin fotocopy.

1. Kertas yang lembap atau lengket

Kertas yang Anda gunakan untuk fotocopy sangat mudah untuk menjadi lembap karena berbagai alasan, misalnya karena ruangan fotocopy yang lembap. Kertas yang lembap akan menjadi mudah rusak saat bergerak melalui mesin sehingga bisa tersangkut di bagian dalam mesin.

Selain itu, kertas yang lembap juga menjadi mudah menempel satu sama lain. Ketika kertas yang menempel tersebut masuk ke mesin fotocopy, lembaran kertas bisa tertinggal di dalam mesin fotocopy karena mesin hanya menarik satu lembaran kertas pada satu waktu.

Cara mengantisipasinya:

Untuk menghindari hal ini, Anda harus pastikan kertas yang Anda masukkan dalam mesin fotocopy dalam keadaan kering. Hindari berbagai faktor yang membuat kertas menjadi lembap. Misalnya meletakkan mesin fotocopy pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang buruk.

2. Ketebalan kertas

Ketebalan kertas yang Anda gunakan untuk fotocopy juga menjadi salah satu faktor timbulnya masalah kertas macet. Jika Anda menggunakan kertas yang ketebalannya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin fotocopy Anda, maka bisa saja kertas tersebut akan tersangkut di dalam mesin fotocopy.

Cara mengantisipasinya:

Untuk menghindari kertas macet yang disebabkan karena ketebalan kertas, pastikan kertas yang Anda gunakan sudah sesuai dengan spesifikasi mesin fotocopy Anda. Setiap model mesin fotocopy memiliki spesifikasi tersendiri mengenai jenis dan ukuran kertas yang bisa digunakan.

Selain itu, hindari untuk mencampur kertas berbagai ukuran pada drawer kertas mesin fotocopy Anda.

Roll yang tidak berfungsi dengan baik

Di dalam mesin fotocopy, terdapat beberapa roller yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berguna untuk menarik kertas dari drawer, ada yang untuk memisahkan lembaran kertas dari tumpukan kertas yang ada, dan ada juga yang berfungsi untuk menempelkan toner pada kertas.

Ketika satu atau beberapa roller tersebut tidak berfungsi dengan baik, kertas yang sedang diproses bisa tersangkut di dalam mesin fotocopy.

Cara mengantisipasinya:

Pengecekan berkala bisa membantu Anda terhindar dari kertas macet akibat dari roller yang tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda menemukan bahwa roller mesin fotocopy Anda ternyata sudah rusak atau aus, maka tidak ada cara lain selain mengganti roller tersebut.

Untungnya, suku cadang mesin fotocopy saat ini sudah mudah untuk didapatkan. Anda juga bisa memantu bantuan teknisi mesin fotocopy untuk membantu memeriksa keadaan mesin, mengganti, atau memperbaiki bagian mesin fotocopy Anda.

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai penyebab kertas macet pada mesin fotocopy serta cara menanganinya.

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar permasalahan pada mesin fotocopy, MCM siap membantu. MCM menyediakan layanan pemeliharaan atau service mesin fotocopy yang didukung dengan tim ahli di bidangnya. Pengalaman selama 15 tahun membuat MCM tidak diragukan lagi dalam memberikan pelayanan service mesin fotocopy dari berbagai brand terkemuka dunia.