Mesin fotocopy merupakan sebuah kebutuhan penting dalam administrasi perkantoran maupun bisnis jasa fotocopy. Secara umum, ada dua opsi untuk mendapatkan mesin fotocopy. Anda bisa menyewa atau membeli unit fotocopy. Lantas, mana yang lebih baik antara sewa mesin fotocopy atau beli baru? 

MCM akan mengupasnya secara tuntas untuk Anda! 

Perbandingan Antara Membeli dan Menyewa Fotocopy

Terkait pilihan membeli atau menyewa mesin fotocopy, sebetulnya ada kelebihan serta kekurangannya untuk tiap-tiap aspek. Inilah perbandingan antara membeli mesin fotocopy atau menyewa: 

1. Biaya Awal 

Anda wajib menganggarkan biaya terlebih dahulu jika ingin membeli mesin fotocopy.  Sebab segi biaya di awal, membeli mesin fotocopy membutuhkan biaya yang cukup besar. Terutama jika unit yang Anda beli merupakan tipe terbaru. 

Lain halnya apabila Anda memutuskan untuk menyewa terlebih dahulu. Biaya awal menyewa mesin fotocopy tidak semahal membeli. 

2. Status Kepemilikan

Dengan membeli, Anda mendapatkan kepemilikan penuh atas mesin fotocopy. Anda pun jadi lebih bebas untuk menggunakannya sesuai kebutuhan tanpa batasan. Mesin fotocopy selamanya dan sepenuhnya menjadi milik pribadi Anda. 

Sedangkan status kepemilikan mesin fotocopy tetap berada menjadi milik vendor bila Anda memutuskan untuk menyewa. Mesin fotocopy perlu dikembalikan kepada pihak vendor penyedia ketika masa sewa sudah berakhir dan tidak diperpanjang lagi. 

3. Biaya Operasional dan Pemeliharaan

Biaya pemeliharaan dan operasional mesin fotocopy milik pribadi menjadi tanggung jawab Anda. Anda harus melakukan perbaikan, penggantian suku cadang, dan pemeliharaan rutin jika memang dibutuhkan supaya kinerja mesin tetap terjaga. 

Secara tidak langsung, Anda perlu memelajari jenis perawatan apa saja yang dibutuhkan mesin fotocopy dan mengingat jadwal pemeliharaan rutin yang diperlukan. 

Sementara Anda yang menyewa mesin fotocopy, tanggung jawab biaya operasional dan perawatannya masih dipegang oleh vendor penyedia jasa penyewaan. Biasanya penyedia layanan sewa menanggung biaya pemeliharaan dan perbaikan. Kemudahan ini dapat mengurangi beban Anda dan risiko biaya tak terduga.

4. Fleksibilitas untuk Upgrade Mesin 

Kalau Anda membeli mesin fotocopy, berarti Anda akan terikat dengan model atau tipe yang sama sampai nanti Anda memutuskan untuk membeli unit lain. Poin ini agak menyulitkan saat Anda hendak meng-upgrade mesin fotocopy karena perlu mengeluarkan biaya awal lagi yang cukup besar. 

Menyewa mesin fotocopy membuat Anda lebih leluasa untuk mengganti mesin sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membeli unit fotocopy. Anda cukup mengembalikan unit kepada penyewa, kemudian mencari unit lain dengan fitur atau model terkini. 

5. Durasi Penggunaan 

Menyewa mesin fotocopy lebih cocok untuk kebutuhan jangka pendek dan pebisnis pemula yang memiliki anggaran terbatas.

Akan tetapi, membeli mesin fotocopy tampaknya ideal untuk bisnis yang membutuhkan mesin fotokopi untuk jangka waktu panjang serta bisnis yang memiliki modal besar.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa baik membeli atau menyewa mesin fotocopy terdapat keuntungan masing-masing.

Contoh keuntungan menyewa mesin fotocopy yang paling menonjol ialah biaya awalnya yang rendah, pemeliharaan yang tidak terlalu rumit karena ditanggung oleh penyedia jasa sewa, serta lebih mudah untuk upgrade mesin. 

Akan tetapi, mesin yang Anda gunakan bukanlah milik Anda dan wajib dikembalikan jika masa sewa sudah usai. Durasi penggunaannya juga lebih pendek dibandingkan membeli unit sendiri. 

Di sisi lain, membeli mesin fotocopy mungkin membutuhkan biaya yang tidak sedikit di awal. Namun mesin yang Anda gunakan sepenuhnya menjadi milik pribadi dan waktu penggunaannya juga lebih panjang daripada menyewa. 

Karena kepemilikan pribadi pula, Anda bertanggung jawab dalam semua pemeliharaan dan biaya operasional mesin fotocopy. Upgrade mesin fotocopy pun butuh biaya yang sama mahalnya untuk membeli di awal. 

Apabila Anda masih bingung memilih antara sewa mesin fotocopy atau beli baru, MCM siap membantu Anda dalam menemukan mesin fotocopy terbaik sesuai keperluan. MCM sudah berpengalaman selama 15 tahun lebih di Indonesia sebagai distributor mesin fotocopy dari berbagai brand papan atas dunia.