Printer laser merupakan salah satu dari sekian banyak jenis printer yang ada. Printer ini dikenal memiliki kualitas cetak yang unggul. Apakah benar demikian? Mari simak ulasan lengkap tentang apa itu printer laser sampai kekurangan dan kelebihannya di bawah ini!

Apa Itu Printer Laser? 

Printer laser adalah printer yang menggunakan sinar laser untuk mencetak gambar atau teks di atas permukaan kertas. Berbeda dengan printer inkjet yang “menyemprotkan” tinta, printer laser menggunakan tinta khusus yang bernama toner. 

Toner printer laser berbentuk serbuk dengan pigmen warna tertentu. Serbuk toner nantinya akan dilekatkan pada kertas melalui proses elektrostatik dan kemudian dipanaskan sehingga gambar atau teks menjadi permanen.

Karena pengaplikasiannya menggunakan bubuk toner, hasil printer laser pun jauh lebih tahan lama dibandingkan jenis printer lain yang menggunakan tinta cair. Bubuk toner yang sudah dicetak pada kertas tidak akan mudah luntur atau memudar jika terkena cipratan air. 

Komponen Printer Laser 

Bagian-bagian printer laser agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan printer inkjet dan ink tank. Komponen tersebut yakni: 

1. Toner Cartridge

Toner cartridge adalah komponen yang mengandung bubuk toner, bahan utama yang digunakan dalam pencetakan laser. Toner ini akan ditransfer ke kertas selama proses pencetakan. Cartridge ini bisa diganti ketika toner habis.

2. Drum Unit

Drum unit merupakan bagian yang sangat penting dalam printer laser. Drum ini bertindak sebagai media untuk menarik toner bubuk dari cartridge dan mentransfernya ke kertas. Karena sensitif terhadap cahaya, drum harus diganti secara berkala untuk menjaga kualitas cetak.

3. Fuser Assembly

Fuser assembly adalah komponen yang memanaskan dan menekan toner ke kertas, sehingga toner menempel secara permanen. Bagian ini terdiri dari roller panas yang menyatu dengan toner pada kertas.

4. Transfer Belt

Transfer belt digunakan dalam printer laser warna. Komponen ini bertugas untuk mengumpulkan gambar dari masing-masing cartridge toner (cyan, magenta, kuning, dan hitam) sebelum mentransfernya secara keseluruhan ke kertas.

5. Pickup Rollers

Pickup rollers bertugas untuk menarik kertas dari tray dan mengarahkannya ke dalam printer. Roller bisa mengalami keausan seiring waktu dan perlu diganti untuk mencegah masalah penarikan kertas.

6. Laser Scanner Assembly

Laser scanner assembly mengontrol sinar laser yang digunakan untuk menggambar gambar pada drum unit. Komponen ini sangat penting dalam menentukan resolusi dan kualitas cetak yang dihasilkan.

7. Paper Tray

Paper tray adalah tempat kertas disimpan sebelum dicetak. Beberapa printer laser dilengkapi dengan lebih dari satu tray untuk mendukung pencetakan dalam jumlah besar atau menggunakan kertas dengan ukuran berbeda.

8. Output Tray

Output tray adalah tempat kertas yang sudah dicetak dikeluarkan dan ditampung. Kapasitas tray berbeda-beda tergantung pada model dan merk printer.

9. Power Supply

Power supply menyediakan energi yang diperlukan untuk semua komponen elektronik dalam printer. Komponen power supply penting untuk memastikan printer dapat beroperasi dengan baik.

10. Control Panel

Control panel merupakan interface antara pengguna dan printer. Panel ini berisi tombol dan layar yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengontrol operasi pencetakan.

Bagaimana Cara Kerja Printer Laser?

Proses kerja printer laser sangat berbeda dengan printer inkjet maupun ink tank. Berikut prosesnya: 

1, Proses Persiapan

Ketika dokumen dikirim ke printer, data dokumen tersebut diubah menjadi data digital yang bisa dipahami oleh printer. Printer laser kemudian mulai memanaskan drum fotokonduktor (roller) yang sensitif terhadap cahaya, membuatnya siap untuk proses pencetakan.

2. Pembentukan Gambar

Printer menggunakan sinar laser yang dikontrol oleh cermin kecil atau lensa untuk memetakan gambar atau teks yang akan dicetak pada drum. Laser “menggambar” gambar yang ingin dicetak dengan mengubah bagian tertentu dari drum menjadi bermuatan listrik.

3. Aplikasi Toner

Toner yang merupakan bubuk tinta kering, kemudian diterapkan pada drum. Toner hanya menempel pada bagian drum yang telah diubah muatannya oleh laser. Proses ini menciptakan gambar atau teks dari dokumen pada drum.

4. Transfer ke Kertas

Kertas yang akan dicetak diberi muatan listrik sehingga dapat menarik toner dari drum. Saat kertas melewati drum, gambar atau teks yang terbuat dari toner ditransfer ke kertas.

5. Fusing

Kertas yang sudah memiliki gambar atau teks dari toner kemudian melewati unit pemanas (fuser). Suhu tinggi dari unit pemanas menyebabkan toner meleleh dan menempel pada kertas, sehingga gambar atau teks menjadi permanen.

6. Proses Pembersihan

Setelah proses pencetakan selesai, drum dibersihkan dari sisa toner dan muatan listrik direset untuk persiapan pencetakan berikutnya.

Keunggulan Printer Laser 

Ada beberapa kelebihan printer laser yang tidak ditemukan pada printer lain, yakni: 

  1. Printer laser memiliki kapasitas volume dan kecepatan cetak yang tinggi;
  2. Menghasilkan dokumen yang sangat tajam dan grafik yang jelas;
  3. Tinta yang digunakan dalam printer laser adalah bubuk toner yang meleleh dan menyatu dengan kertas saat proses fusing, sehingga tulisan tidak akan mudah luntur atau terhapus jika terkena air. 

Kekurangan Printer Laser 

Walau terlihat istimewa, printer laser mempunyai sisi kekurangannya terutama dalam hal harga dan pemeliharaan, antara lain: 

  1. Harga pembelian printer laser cenderung lebih mahal dibandingkan dengan printer inkjet;
  2. Biaya penggantian cartridge toner bisa cukup mahal;
  3. Ukuran Printer laser biasanya lebih besar dan berat daripada printer inkjet;
  4. Printer laser memiliki komponen mekanik dan elektronik yang lebih kompleks, maka perawatan dan perbaikannya pun cenderung lebih sulit dan mahal;
  5. Kurang bagus dalam mencetak pada media tertentu, seperti kertas foto khusus atau kertas yang sangat tipis yang bisa rusak karena panas proses fusing.

Itulah ulasan tentang apa itu printer laser, cara kerjanya, sampai kelebihan dan kekurangan yang patut Anda pertimbangkan. Semoga ulasan di atas dapat memudahkan Anda untuk memilih mesin printer terbaik sesuai kebutuhan. 

MCM menyediakan layanan jual mesin printer dari brand papan atas. Pengalaman selama 15 tahun lebih sebagai distributor mesin printer dan fotocopy terpercaya di Indonesia menjadikan kualitas pelayanan dari MCM tak perlu diragukan lagi.