Pernahkah Anda mengalami hasil cetakan yang kurang memuaskan dan tampak kabur? Masalah mesin fotocopy ini cukup umum, di mana penyebab utamanya adalah developing unit yang kotor. Ada beberapa cara membersihkan developing fotocopy supaya bagian tersebut tetap bersih.

Kebersihan developing dalam mesin fotocopy sendiri sangat penting untuk memastikan kualitas cetak yang tajam dan jelas. Ikuti penjelasan lengkap tentang developing mesin fotocopy serta cara membersihkannya.

Apa Itu Developing dalam Mesin Fotocopy? 

Developing pada mesin fotocopy adalah bagian penting yang terjadi setelah tahap eksposur, di mana gambar atau teks dari dokumen asli diproyeksikan ke drum fotokonduktor yang telah diberi muatan listrik. 

Proses ini dimulai dengan drum fotokonduktor yang diberi muatan listrik secara keseluruhan. Saat drum terkena cahaya dari dokumen asli, bagian-bagian tertentu kehilangan muatan listriknya, menciptakan pola muatan yang sesuai dengan gambar atau teks dokumen. 

Selanjutnya, toner yang merupakan bubuk halus bermuatan listrik, ditransfer ke drum. Toner hanya menempel pada area drum yang telah kehilangan muatan listriknya untuk membentuk gambar atau teks. 

Setelah itu, gambar atau teks yang terbentuk pada drum dengan toner ditransfer ke kertas. Kertas yang telah diberi muatan listrik menarik toner dari drum.

Akhirnya melalui proses fusing, gambar atau teks pada kertas dilekatkan secara permanen dengan pemanasan, di mana toner meleleh dan menempel pada kertas. 

Cara dan Tips Membersihkan Developing Unit Fotocopy 

Selain kondisi toner, kualitas developing unit sangat menentukan kualitas dan ketajaman salinan yang dihasilkan oleh mesin fotocopy. Itu sebabnya membersihkan developing unit sangatlah penting. 

Berikut adalah langkah umum yang bisa diikuti:

1. Matikan Mesin

Sebelum memulai, pastikan mesin fotocopy telah dimatikan dan terlepas dari sumber listrik untuk menghindari risiko kejut listrik.

2. Buka Akses ke Developer Unit

Buka penutup mesin fotocopy untuk mengakses unit developer. Lokasi dan cara membuka unit ini bisa berbeda-beda tergantung pada model dan merek mesin fotocopy.

3. Bersihkan Developer Unit

Gunakan kain kering dan lembut atau kuas untuk membersihkan debu dan residu toner dari unit developer. Jangan menggunakan bahan yang bisa meninggalkan serat atau debu. Hindari menyentuh bagian drum dengan tangan atau alat yang keras karena bisa merusak permukaannya.

4. Pasang Kembali Semua Komponen

Setelah selesai membersihkan, pasang kembali semua komponen dengan hati-hati sesuai dengan urutan pembongkarannya.

5. Nyalakan Mesin dan Lakukan Tes Cetak

Setelah semuanya terpasang kembali, nyalakan mesin dan lakukan tes cetak untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Membersihkan bagian developing  pada mesin fotocopy adalah tugas yang memerlukan kehati-hatian dan pengetahuan teknis. Pembersihan yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Itu sebabnya, percayakan maintenance atau pemeliharaan mesin fotocopy Anda kepada MCM. 

Layanan service mesin fotocopy dari MCM didukung oleh teknisi andal dan berpengalaman di bidangnya.

Selama 15 tahun, MCM berperan sebagai penyedia mesin dan sparepart mesin fotocopy brand terkenal seperti Canon, Ricoh, dan lain sebagainya di Indonesia. Itulah yang membuat kualitas dan kinerja MCM tak perlu diragukan lagi.