Kyocera adalah salah satu merek mesin fotocopy terkemuka di dunia yang berasal dari Jepang. Salah satu model Kyocera yang cukup laris di pasaran adalah ECOSYS M2040dn.

Namun, mesin fotocopy Kyocera yang satu ini memiliki beberapa plus minus yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Apa saja kelebihan dan kekurangan mesin fotocopy Kyocera ECOSYS M2040dn? MCM akan membahasnya untuk Anda berikut ini.

Kelebihan Mesin Fotocopy Kyocera ECOSYS M2040dn

Kinerja Cepat dan Efisien

Mesin fotocopy Kyocera ECOSYS M2040dn dengan teknologi Automatic Document Feeder (ADF) memiliki kecepatan cetak hingga 40 halaman per menit. Kecepatan seperti ini sangat membantu dalam menyelesaikan tugas cetak dalam waktu singkat.

Kualitas Cetak Tinggi

Kyocera ECOSYS M2040dn dilengkapi dengan teknologi laser monokrom yang menghasilkan cetakan dengan kualitas yang tinggi dan tajam bahkan dengan ukuran font yang lebih kecil. Semua berkat resolusi hingga 1200 x 1200 dpi (dots per inch) yang dimiliki oleh Kyocera ECOSYS M2040dn.

Mampu Mencetak di Dua Sisi

Kyocera ECOSYS M2040dn mampu mencetak di dua sisi kertas secara bersamaan. Adanya keunggulan ini membuat kinerja Anda lebih praktis karena tidak perlu membolak-balik halaman secara manual untuk melakukan penyalinan di sisi lembar kertas yang berbeda.

Ukuran Ringkas

Kyocera ECOSYS M2040dn memiliki bentuk yang ringkas jika dibandingkan dengan perangkat mesin fotocopy pada umumnya. Tinggi, kedalaman, dan lebar mesin ini berkistar 437mm x 412mm x 417mm. Sedangkan beratnya hanya mencapai 19 kg saja.

Dilengkapi dengan Panel LCD

Di bagian depan dan atas perangkat, terdapat panel LCD untuk mengoperasikan mesin. Tampilan layarnya disertai dengan keypad hingga tombol untuk masing-masing fungsi perangkat. Kelengkapan ini akan memudahkan Anda dalam menggunakan perangkat untuk keperluan sehari-hari.

Bisa Digunakan untuk Scan

Model ECOSYS M2040dn dari Kyocera juga dilengkapi dengan scanner. Itu artinya, Anda bisa menggunakan alat ini untuk melakukan scanning dokumen termasuk dokumen berwarna. Anda pun tidak perlu membeli alat scan lagi karena fitur tersebut sudah ada di perangkat ECOSYS M2040dn.

Kekurangan Mesin Fotocopy Kyocera ECOSYS M2040dn

Kapasitas Kertas Terbatas

Perangkat ini memiliki kapasitas kertas sebanyak 350 lembar yang terbagi antara wadah universal sebanyak 250 lembar dan wadah serbaguna sebanyak 150 lembar.

Anda dapat memperluas kapasitas ini jika diperlukan hingga 850 lembar dengan menambahkan dua wadah kertas lagi yang masing-masing memiliki kapasitas 250 lembar.

Angka ini jelas cukup terbatas mengingat masih banyak mesin fotocopy lain yang memiliki kapasitas kertas sampai ribuan lembar.

Belum Mendukung Faxing

Walau bisa digunakan untuk scanning dan mampu mencetak di dua sisi kertas, perangkat ECOSYS M2040dn belum mendukung faxing. Anda perlu perangkat lain jika hendak mengirim atau menerima pesan fax.

Tidak Bisa Dioperasikan Melalui Jaringan Wireless

Jika Anda lebih suka perangkat yang terhubung lewat jaringan wireless karena lebih praktis, maka Kyocera ECOSYS M2040dn sepertinya tidak diperuntukkan bagi Anda. Kyocera ECOSYS M2040dn belum dilengkapi dengan teknologi wireless. Perangkat ini hanya mampu tersambung melalui port Ethernet dan USB 2.0.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mesin fotocopy Kyocera ECOSYS M2040dn lebih cocok untuk digunakan secara in-house dalam suatu perusahaan dibandingkan untuk keperluan peralatan jasa fotocopy untuk umum. Apalagi kapasitas kertasnya yang tergolong kecil.

Namun jika melihat kemampuannya untuk mencetak hasil yang tajam secara bolak-balik serta bisa digunakan sebagai scan, mesin ini tidak begitu buruk dan layak digunakan sebagai alat perkantoran.

Kekurangan seperti belum bisa dioperasikan secara wireless dan digunakan untuk fax rasanya tidak terlalu signifikan dan masih bisa diakali dengan konektivitas yang lain yang ada yakni port Ethernet dan USB 2.0. Ukurannya yang compact dan tidak terlalu berat sangat cocok untuk diletakkan di ruang kantor memiliki space terbatas.

Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan mesin fotocopy Kyocera ECOSYS M2040dn. Jika Anda masih bingung mesin fotocopy seperti apa yang cocok dengan kantor Anda, jangan sungkan untuk menghubungi tim MCM!

Berbagai layanan dari MCM seperti penjualan dan sewa mesin fotocopy sampai perawatan dan penjualan spare part memiliki kualitas yang tinggi berkat pengalaman selama 15 tahun.